Mitsubishi Xpander Bisa Diservis di Posko Siaga Mudik Nissan

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Bisa Diservis di Posko Siaga Mudik Nissan

JAKARTA - Posko-posko mudik Nissan di musim mudik Lebaran Idul Fitri 2019 bersedia melayani pemeriksaan atau perbaikan Mitsubishi Xpander, dengan catatan penggunanya dalam kondisi darurat.

Seperti diketahui, Xpander merupakan ‘saudara kandung’ dari All-New Nissan Livina, karena keduanya menggunakan platform plus suku cadang sama. Low multi purpose vehicle (LMPV) milik Nissan yang baru saja meluncur di awal 2019 itu bahkan diproduksi di pabrik Mitsubishi.

Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia (NMI), mengatakan bahwa di musim mudik Lebaran yang sebentar lagi tiba, berbagai merek mobil membangun posko-posko mereka sendiri. Mitsubishi pun demikian. Ini membuat kemungkinan pengunjung lintas merek di posko mudik ia nilai kecil, termasuk pula peluang para pemilik Xpander menyambangi posko Nissan.

“Demikian juga sebaliknya. Saya pikir konsumen Nissan - Datsun tidak akan mengunjungi posko Honda, Wuling, dan lain-lain,” tandasnya di sela-sela Buka Puasa Bersama Media Massa pada Senin (27/5/2019) di Jakarta.

Ia kemudian menjelaskan bahwa di Indonesia, baik Nissan maupun Mitsubishi tidak bekerja sama dalam bidang layanan purnajual di bengkel resmi meski berbagi platform untuk Xpander - Livina. Dengan demikian, bengkel resmi keduanya tidak menerima produk lintas merek.

“Tapi, jika berbicara di luar negeri, sebagian bengkel resmi juga terbuka bagi merek lain. Ini terserah pada konsumen,” paparnya lagi.

Pengecualian dalam Kondisi Darurat
Hana Maharani, Head of Communication NMI, menambahkan bahwa dalam kondisi normal posko siaga mudik Lebaran Nissan tidak menerima Xpander. Namun, toleransi diberikan dalam kondisi darurat.

“Normalnya kami tidak terima. Tapi kalau keadaannya emergency dan lokasinya dekat dengan posko kami, pasti kami bantu,” tandasnya.

Nissan pada masa mudik Lebaran kali ini mendirikan empat posko. Lokasinya ada di Rest Area Tol Cikampek KM 57 (31 Mei - 7 Juni), Rest Area Tol Kanci KM 207A (31 Mei - 7 Juni), Rest Area Tol Kanci 208B (6-9 Juni), dan SPBU Banyuglugur Situbondo (3-8 Juni).

Ada pula layanan Mobile Siaga 24 jam di 5 titik, Emergency Road Assistance (ERA) 24 jam di 8 titik, plus 26 bengkel siaga serta siaga+. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar