Mesin Mobil Bergetar Saat AC Menyala, Ini 3 Sumber Masalahnya

Panduan Pembeli

Mesin Mobil Bergetar Saat AC Menyala, Ini 3 Sumber Masalahnya

JAKARTA – Mesin mobil bergetar ketika sistem pendingin udara kabin (AC) menyala bisa dipicu gangguan kinerja di beberapa sektor. Salah satunya pada sistem Idle Up.

Mesin mobil bergetar ketika AC aktif bakal sangat mengganggu perjalanan. Laju kendaraan akan tersendat-sendat dan mesin bisa mati tiba-tiba.

Aktivitas Anda pun pada akhirnya terhambat. Oleh karena itu, problem tersebut tidak boleh diabaikan.

AC mobil

Beragam Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat AC Menyala

Berikut tiga penyebab mengapa mesin mobil bergetar ketika AC menyala, seperti dikutip dari situs resmi Auto2000:

  • Sistem Idle Up Terganggu

Sistem Idle Up merupakan mekanisme yang berfungsi untuk meningkatkan putaran mesin (rotation per minute/rpm), ketika beban kelistrikan maupun beban mesin naik. Inilah yang membuat rpm pada panel instrumen terlihat meninggi, saat AC dinyalakan.

Jika sistem Idle Up memiliki isu ketika beban kelistrikan bertambah, mesin mobil pun pada akhirnya kewalahan, kemudian bergetar dan mati. Performa kompresor AC pun jadi kurang maksimal.

Dalam kondisi darurat serta mendesak, problem tersebut bisa diatasi dengan mematikan AC. Namun, tentunya perjalanan Anda menjadi sangat tidak nyaman.

Segera cari waktu untuk mengecek sistem sensor dan aktuatornya. Ganti komponen-komponen tersebut kalau diperlukan.

  • Bearing AC Rusak

Sumber masalah lain bisa pula pada bearing atau pulley AC yang rusak, sehingga membuat putaran kompresor AC tersendat-sendat. Ini kemudian menimbulkan getaran lebih pada mesin yang Anda rasakan dari dalam kabin.

Segeralah ke bengkel dan lakukan perbaikan pada bearing. Soalnya, jika terus dibiarkan, masalah bisa merembet sampai ke timing belt.

Ongkos perbaikan yang mesti Anda bayar pada akhirnya malah makin membengkak.

  • Problem pada Sistem AC

Jika bukan bersumber dari dua poin di atas, berarti biang keladinya adalah sistem AC yang buntu. Umumnya, pemicu hal ini adalah frosting atau pembekuan freon pada saluran AC, sehingga alirannya terhambat.

Padahal, sistem Freon mesti mempunyai aliran jelas dan tidak boleh terhambat supaya dapat memberikan suhu dingin yang Anda rasakan dari AC.

Kalau frosting terjadi, getaran mesin berlebih ketika AC menyala ibarat tinggal tunggu waktu. Pendinginan udara pada AC pun terganggu.

Segera datangi bengkel kepercayaan Anda untuk pengecekan dan perbaikan, kalau mesin mobil bergetar saat AC menyala. Akan lebih baik lagi jika Anda mendatangi bengkel resmi. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar