Hindari Menyalakan AC Mobil pada RPM Tinggi

Panduan Pembeli

 Hindari Menyalakan AC Mobil pada RPM Tinggi

JAKARTA – Jika kebiasaan menyalakan AC mobil pada RPM tinggi tidak dihentikan sekarang juga, akan menjadi bom waktu. Menyalakan AC pada RPM tinggi ditengarai akan menyebabkan kerusakan kompresor.

Ada sejumlah perilaku yang harus Anda ketahui saat berkendara agar tetap nyaman selama perjalanan, salah satunya adalah mengoperasikan AC.

Sebaiknya Anda menyalakan AC saat kondisi mesin stasioner atau idle karena pada kondisi ini putaran mesin tidak terlalu tinggi sehingga membuat komponen-komponen AC khususnya kompresor akan memulai kerjanya dengan normal.

Tidak dianjurkan untuk menyalakan atau mematikan AC pada saat kendaraan tengah melaju. Apalagi saat putaran mesin sedang tinggi atau setidaknya angka rpm berada di atas 2.000 rpm.

Karena pada kondisi tersebut akan terjadi gesekan yang terlalu keras antara pulley dan pressure plate di kompresor AC. Jika ini sering Anda lakukan tentunya akan mengakibatkan komponen akan cepat aus atau rusak.

Jadi jangan heran jika tiba-tiba AC Anda tidak menghasilkan hembusan sejuk seperti yang diharapkan. Bisa saja itu karena prilaku yang tidak tepat saat mengoperasikan AC. [Ari/Ikh}

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support