Menyebut Nama Mobil di China itu Unik, Contoh Porsche jadi Bao Shi Jie

Berita Otomotif

Menyebut Nama Mobil di China itu Unik, Contoh Porsche jadi Bao Shi Jie

BEIJING - Sebelum berbicara soal mobil dengan relasi atau kolega Anda yang berasal dari China, ada baiknya simak video berikut ini.

China adalah pasar terbesar otomotif di dunia. Puncaknya sendiri terjadi pada 2017, kala itu tak kurang dari 27.5 juta unit terjual di Negeri Tirai Bambu.

Sebagai perbandingan, pada 2017 setidaknya 95.2 juta unit mobil terjual. Sekitar 17.2 juta unit dijual di Amerika Serikat atau selisih lebih dari 10 juta unit jika dibandingkan dengan China, sementara di Indonesia masih berkutat di 1 juta unit per tahun.

Volume yang begitu besar di China tentu membuat pabrikan-pabrikan otomotif dunia berupaya untuk bisa berjualan di sana. Tak hanya itu, pabrikan lokal tidak mau kalah untuk ambil bagian, mengambil sepotong kue di negrinya sendiri.

jiplakan land rover dari china
Pabrikan lokal punya ragam upaya untuk memproduksi sebuah mobil. Salah satu yang dikenal adalah menjiplak mobil-mobil milik pabrikan dunia seperti Landwind X7 yang belakangan populer karena jiplakan Range Rover Evoque.

Namun demikian banyak juga dari mereka yang melakukan inovasi untuk membuat mobil murni karyanya sendiri. Bahkan akhirnya mobil-mobil tersebut bisa dijual di beberapa negara dunia.

Dan karena bahasa, salah satu yang menarik jika berbicara soal mobil di China adalah penyebutan namanya. Anda akan mendengar asing jika orang-orang di China menyebut nama-nama mobil yang sangat populer di dunia. 

Contoh, Aerfa Luomiou adalah bagaimana orang Cina menyebut Alfa Romeo. Lalu kemudian Ferrari dengan Falali, Mashaladi untuk Maserati, Lanbojini berarti Lamborghini dan MaiKailun adalah McLaren

Dalam video di bawah ini seorang narator wanita berasal dari China mengungkapkan bagaimana Aston Martin dibaca Asidun Mading. Kemudian Porsche dibaca Bao Shi Jie, Jaguar menjadi Jiebao, Bentley adalah Binli, Land Rover menjadi Lu Hu dan Rolls-Royce disebut Laosi-Loisi.

Tak hanya itu, narator juga memberitahukan bagaimana cara menyebut nama-nama mobil merek lokal. Jika selama ini Anda merasa benar menyebut nama mobil merek lokal China, ternyata belum tentu benar. Bisa jadi aksen dan penyebutannya salah.

Lebih lanjut yuk simak video berikut ini.

[Ari]

 

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar