Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Download Gratis – iCar Asia Limited
4.4
33,336

Mohon Maaf, MPV Wuling Seharga Rp 90 Jutaan Ini Tak Masuk Indonesia

Berita Otomotif

Mohon Maaf, MPV Wuling Seharga Rp 90 Jutaan Ini Tak Masuk Indonesia

JAKARTA – Wuling menegaskan bahwa multi purpose vehicle (MPV) terbaru mereka yang luar biasa murah, Hong Guang V, tak direncanakan masuk Indonesia.

Sekadar mengingatkan, Hong Guang V meluncur pada pertengahan Juli 2020 di China. Banderolnya hanya 42.900 yuan (Rp 89,6 juta, 1 yuan = 2.090) untuk tipe terendah hingga 46.900 (Rp 98,06 juta).

Tentu saja, muncul pertanyaan apakah model tersebut juga direncanakan untuk pasar Indonesia atau tidak. Pasalnya, MPV adalah jenis kendaraan yang digandrungi di Tanah Air dan Wuling amat agresif menggarap segmen tersebut.

Bayangkan saja, tiga dari empat model yang mereka produksi serta jual di Nusantara sejak 2017 adalah MPV yaitu Confero, Cortez, sampai Formo. Sisa satunya barulah jenis lain yaitu sport utility vehicle (SUV) Almaz.

Namun, jawaban dari pernyataan itu ternyata adalah ‘tidak’. Hong Guang V dikembangkan dan dibuat untuk para konsumen di ‘Negeri Tirai Bambu’ saja.

“Hong Guang V itu khusus pasar China. Sejauh ini, peruntukannya untuk pasar domestik saja jadi kami enggak ikut campur sama proyek itu. Belum ada rencana atau kerja sama (dengan prinsipal di China) untuk mendatangkan produk itu ke Indonesia,” tegas Danang Wiratmoko, Product Specialist PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia merespons Mobil123.com dalam wawancara pada awal pekan ini di Jakarta.

Hong Guang V mengusung mesin bensin berkapasitas 1.2-liter. Di Tanah Air, Wuling juga punya MPV dengan kapasitas mesin sama yaitu Formo.

Tenaga maksimal dari mesin Hong Guang V adalah 75 hp dengan torsi puncak 110 Nm. Hanya ada satu pilihan transmisi yaitu manual lima percepatan.

Anggota baru di ‘keluarga’ Hong Guang tersebut terdiri dari tipe minibus untuk penumpang serta blind van untuk keperluan komersial. Wuling  sudah menjalani tes sejauh 40 ribu km sebelum diproduksi massal dan diluncurkan. Pengujian dilakukan di kondisi jalan yang ‘komprehensif’, dalam suhu dingin atau pun panas ekstrem.

Suspensi belakang Hong Guang V dimodali dengan per daun non-independen. Meski harganya luar biasa murah, sudah terdapat sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) maupun Power Steering. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar