Menimbang Keuntungan Menggunakan Ban Run-flat

Berita Otomotif

Menimbang Keuntungan Menggunakan Ban Run-flat

JAKARTA – Ban Run-flat atau biasa disebut Run-flat Tire (RFT) memiliki sejumlah keunggulan yang salah satunya adalah mengurangi risiko kecelakaan.

Berdasarkan data Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tahun 2019, 80 persen penyebab kecelakaan lalu lintas adalah kurangnya tekanan udara pada ban. Akhirnya menyebabkan ban pecah atau bocor dan pengendara kehilangan kendali.

Teknologi yang disematkan pada ban tersebut dirancang untuk tetap bisa digunakan dalam keadaan rusak sampai periode tertentu. Adapun kerusakan yang pada umumnya dialami pada ban meliputi kebocoran akibat penggunaan kecepatan tinggi atau terkena benda tajam.

Hankook sebagai produsen ban asal Korea Selatan, juga turut menghadirkan ban Hankook Run-flat System (HRS). Ban berteknologi canggih ini memungkinkan penggunanya tetap berkendara hingga kecepatan 80 km/jam dan jarak 80 kilometer tanpa angin.

“Hankook Run-flat System (HRS) memiliki fitur SMH (Shock absorption, Maintenance continuity, Heat resistance), yaitu mampu meredam benturan dengan baik, perawatan berkelanjutan, dan tangguh menghadapi panas. Dinding samping ban juga diperkuat sehingga ban tetap mampu menahan beban bahkan saat kehilangan udara total,” ucap Apriyanto Yuwono, National Sales Manager PT Hankook Tire Sales Indonesia.
Ban Run-flat

HRS menggunakan material yang telah melalui tahapan riset dan pengembangan berbasis performa berkendara, keselamatan, kenyamanan, dan kondisi lingkungan berdasarkan teknologi KONTROL. Teknologi KONTROL didasari oleh konsep interaksi antara pengemudi, mobil dan jalanan. Semua produk Hankook Tire telah mengimplementasikan teknologi tersebut guna memberikan konsumen kenyamanan berkendara.

Hankook Tire mengungkapkan, setidaknya ada empat keuntungan dari ban run-flat dibandingkan ban reguler, yaitu:

  • Menambah ruang pada mobil

Dengan menggunakan ban run-flat, Anda tidak perlu membawa ban cadangan maupun perkakas untuk mengganti ban. Sehingga, ruang pada mobil Anda akan lebih luas dan bobot kendaraan Anda akan lebih ringan. Secara teoritis, dengan bobot yang berkurang maka bahan bakar akan lebih irit 1 - 3 persen per tahun.

  • Lebih stabil dalam kondisi ban bocor

Salah satu alasan utama menggunakan ban run-flat daripada ban konvensional adalah kemampuannya untuk tetap stabil walaupun dalam kondisi ban bocor.

  • Tidak perlu mengganti ban di cuaca atau situasi ekstrem

Karena ban run-flat ini tetap melaju dengan stabil walau dalam kondisi bocor, Anda tidak perlu berhenti untuk mengganti ban Anda di cuaca yang sangat panas atau saat hujan deras. Anda juga tidak perlu panik ketika ban bocor di tengah kemacetan yang parah.

  • Meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara

Dengan ban run-flat hankook yang mengimplementasikan teknologi KONTROL, maka ban tersebut telah lulus uji coba internal dan memungkinkan pengendara merasa aman dan nyaman dalam berkendara. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar