Menguji Mitsubishi Xpander dari Semarang hingga Solo

Review

Menguji Mitsubishi Xpander dari Semarang hingga Solo

SOLO – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengajak puluhan jurnalis dari media nasional, untuk menguji ketangguhan dan kenyamanan Xpander di wilayah Jawa Tengah.

Sejak pertama kali diluncurkan pada GIIAS 2017 silam, Mitsubishi Xpander berhasil memikat perhatian masyarakat Tanah Air. Bahkan Mobil123.com juga telah berkesempatan untuk mencoba produk terbaru MMKSI tersebut.

Selang enam bulan setelah pertama kali diluncurkan, PT MMKSI akhirnya mengadakan sesi test drive Mitsubishi Xpander. Puluhan jurnalis dari berbagai media cetak maupun online, mendapat kesempatan untuk menguji mobil yang tengah laku keras di pasaran.

Artikel bersambung dibawah

“Kami berharap Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk lebih mengeksplor kendaraan. Tidak hanya kelebihan eksterior dan interiornya, namun secara keseluruhan fitur serta performa yang ditawarkan,” ucap Kyoya Kondo, Presiden Director PT MMKSI dalam sambutannya.

Kegiatan Xpander Media Touring 2018 sendiri dibagi menjadi 3 batch. Mobil123.com berkesempatan ikut dalam kloter pertama dengan rute Semarang menuju Solo, Jawa Tengah. Perjalanan ini sejatinya akan menempuh jarak kurang lebih 200 kilometer.

PT MMKSI menyediakan sembilan Mitsubishi Xpander yang terdiri dari 3 tipe yakni Ultimate, Sport dan Exceed. Pabrikan mobil berlambang Tiga Berlian ini membagi 4 orang jurnalis dalam satu kendaraan.

Memulai perjalanan dari kota Lumpia, Semarang, para peserta langsung berjalan menuju destinasi pertama yakni Kopeng Treetop, di kawasan Boyolali. Sebelumnya rombongan beristirahat sejenak di rest area untuk menikmati kudapan.

Mitsubishi Xpander kami uji untuk pertama kalinya di jalan bebas hambatan (tol) yang bisa dibilang cukup sepi. Low MPV tersebut juga menujukkan performa impresif di medan jalan menanjak maupun menurun. Lapisan permukaan jalan yang tidak menggunakan aspal melainkan beton, membuat kontur jalanan bergelombang.

Namun Mitsubishi Xpander masih mampu memberikan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpang. Tidak hanya itu, insulasi yang bagus pada mobil ini, membuat kekedapan kabin terasa sangat baik. Berada di dalam Mitsubishi Xpander terasa lebih hening hingga suara mesin tidak terlalu terdengar, apabila pengendara tidak menginjak gas terlalu dalam.

Usai bersantai sejenak di rest area, rombongan kembali melanjutkan perjalanan ke kawasan wisata alam di  Kopeng Treetop, di Boyolali. Para awak media mampu membuktikan sendiri kenyamanan dan keandalan dari Mitsubishi Xpander.

Karena guna mencapai tujuan tersebut di atas, kami haru melintasi medan jalan yang berkelok, sempit, tanjakan curam, tikungan patah, hingga berbatu. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi Mitsubishi Xpander.

Mobil berpenggerak roda depan yang selama ini dirisaukan calon konsumen, mampu dipatahkan oleh Mitsubishi Xpander. Jagoan baru MMKSI tersebut sama sekali tidak mengalami kesulitan berarti selama perjalanan.

Mitsubishi Xpander sendiri memiliki mesin 1.5-liter MICEV yang diyakini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 102 hp pada 6.000 rpm, serta torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Usai santap siang dan menikmati udara sejuk di Kopeng Treetop, para peserta kemudian menuju Cepogo, sembari melewati jalan yang diapit oleh gunung Merapi dan Merbabu yakni Ketep Pass. Konvoy Xpander Media Drive 2018 kemudian menuju sentra pengrajin Tembaga di Cepogo.

Selama di perjalanan kami (Mobil123.com) mencoba beberapa posisi duduk di dalam Mitsubishi Xpander. Setelah mencicipi performa di jalan seperti disebutkan di atas, kami berpindah ke kursi belakang sebagai penumpang.

Selain mesin nan tangguh dan kekedapan maksimal, Mitsubishi Xpander juga didukung suspensi mumpuni. Bantingan peredam kejut pada MPV buatan Bekasi bisa diandalkan para konsumen yang kerap melintasi jalan jelek.

Penggunaan bahan bakar pada kendaraan yang kami gunakan terbilang di layar MID sekitar 12 : 1. Hal ini cukup mengejutkan karena mobil ini cukup efisien. Salah satu hal yang tidak kalah menarik dari Mitsubishi Xpander adalah pintu barus kedua yang panjang.

Ini tentunya memberikan kemudahan konsumen, dalam mengakses ke dalam maupun keluar kendaraan. Untuk Mitsubishi Xpander tipe Sport yang kami gunakan menggunakan nuansa hitam pada bagian interiornya, sehingga terlihat lebih maskulin dan sangar.

Secara keseluruhan, Mitsubishi Xpander mampu menjawab tantangan kebutuhan masyarakat Tanah Air. Banyaknya kompartemen dalam kabin dan tersedianya soket listrik pada tiap barisnya, membuat perjalanan semakin menyenangkan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support