Mengetahui Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof

Panduan Pembeli

Mengetahui Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof

JAKARTA –  Sunroof, atap kaca pada mobil ternyata memiliki beberapa jenis, yuk simak tulisan berikut ini untuk mengetahui perbedaaannya.

Dewa Indra dari Garasi Sunroof menyebut ada 3 jenis atap kaca yang biasa digunakan di Indonesia. Ketiga jenis tersebut adalah sunroof, moonroof dan panoramic roof. Ketiganya memiliki fungsi serupa yaitu melihat pemandangan di atas mobil.

“Kalau sunroof itu, atap kacanya bisa terangkat sebagian ke arah atas. Ini adalah yang paling umum digunakan oleh masyarakat di Indonesia . Sementara untuk moonroof tidak jauh berbeda, namun sisi kaca yang membuka masuk ke dalam. Umumnya digunakan untuk mobil Eropa,” ungkap Dewa.

Sementara itu untuk panoramic roof adalah atap yang menggunakan kaca lebih besar dibandingkan sunroof dan moonroof. Bisa terdiri dari satu kaca atau dua kaca. Umumnya, pemilik kendaraan lebih memilih untuk memodifikasi atap mobil dengan panoramic roof karena terlihat lebih apik.

“Selain karena harganya lebih mahal, tidak semua mobil bisa mengaplikasikan panoramic roof. Ukuran atap harus lebih besar dan tidak bergelombang. Sehingga panoramic roof bisa diaplikasikan lebih baik,” tambahnya.

Panoramic roof pun masih terbagi dua jenis yaitu bisa terbuka atau tidak (glass top). Namun umumnya, pemilik kendaraan kurang menyukai panoramic glass top.

“Banyaknya juga pelanggan yang meminta mobil miliknya menggunakan panoramic roof padahal atapnya terlalu kecil. Panoramic roof itu ukurannya besar, belum lagi ada motor yang juga harus dipasang. Itu perlu dipikirkan,” terangnya.

Karena itulah saat ini umumnya kendaraan lebih banyak menggunakan sunroof yang memiliki ukuran lebih kecil dan cocok diaplikasikan pada semua mobil. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support