Merawat Sunroof dengan Cara Sederhana

Panduan Pembeli

Merawat Sunroof dengan Cara Sederhana

JAKARTA – Merawat sunroof, moonroof dan panoramic roof sebenarnya bukanlah perkara yang sulit asal pemilik kendaraan menaruh perhatian atau telaten.

Hal tersebut disampaikan oleh Dewa Indra dari Garasi Sunroof. Ia mengatakan bahwa untuk menjaga agar ketiganya tetap prima maka perawatan-perawatan kecil seperti menjaga karet agar tidak getas harus tetap dilakukan.

“Jadi rel dari sunroof, moonroof atau panoramic roof cukup dilumasi chain lube saja. Lalu karetnya diolesi dengan minyak mesin jahit. Itu saja sudah cukup. Untuk mobil yang diparkir di bawah pohon, perhatikan juga lubang pembuangan air agar tidak tertutup daun,” ungkapnya.

Ia pun mengaku bahwa dirinya jarang menemukan kerusakan sunroof meski karet yang digunakan sudah tua. Namun, Ia sering mendapati beberapa kendaraan yang pemasangan sunroofnya tidak tepat sehingga membuat sunroof rusak.

“Biasanya masalah dari sunroof adalah teknisinya kurang hati-hati dalam mengerjakan. Misalnya saat memotong dempul lalu karet dari sunroof terkena silet, sehingga membuat bocor dan hasilnya terlihat kurang bagus,” tambahnya.

Terkait kelistrikan yang digunakan pun Ia rasa tidak beresiko besar. Hal ini karena listrik yang digunakan oleh motor dari sunroof terbilang kecil sehingga aki diharapkan tidak akan tekor.

“Jumlah listrik yang diperlukan untuk membuka dan menutup sunroof itu sama seperti power window. Sehingga tidak besar dan masih aman untuk semua kendaraan,” pungkas Dewa. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual