Mengenal Lebih Jauh Fungsi dan Warna Sekring Mobil

Berita Otomotif

Mengenal Lebih Jauh Fungsi dan Warna Sekring Mobil

JAKARTA – Macam-macam sekring yang terdapat di kendaraan memiliki masing-masing fungsi sehingga harus dibedakan dengan bentuk dan warna berlainan.

Kendaraan tentunya harus dilengkapi dengan sekring. Komponen kecil dalam kendaraan ini juga memiliki fungsi yang penting. Sekring merupakan alat untuk mencegah terjadinya hubungan pendek pada kelistrikan. Sekring juga menjamin berbagai komponen di kendaraan berfungsi optimal.

Pengetahuan masyarakat umum tentang sekring di kendaraan masih sangat minim. Padahal, dalam beberapa kasus kendaraan yang tidak bisa menyala mesinnya akibat sekringnya putus. Oleh karena itu, para pemilik maupun pengguna kendaraan wajib paham tentang seluk beluk sekring.

Disebut penting karena peran sekring adalah memutus arus listrik saat terjadinya kelebihan muatan arus. Seiring dengan pemakaian kendaraan, pada umumnya arus listrik di dalam kendaraan cenderung tidak stabil. Berikut beberapa pengetahuan dasar mengenai sekring yang dikutip dari laman resmi Suzuki.

Bentuk

Mengenal Lebih Jauh Fungsi dan Warna Sekring Mobil
Sekring dibuat oleh pabrikan sesuai dengan daya dan peruntukkannya. Untuk memudahkan, pabrikan membedakan komponen tersebut dengan berbagai bentuk, warna dan ukuran. Adapun pemilihan warna juga menentukan perbedaan daya.

  • Cartridge

Sekring jenis ini memiliki bentuk tabung yang pada bagian ujungnya dilengkapi dengan bahan logam. Pada dasarnya, sekring ini terbuat dari keramik yang mana bila dalam bentuk utuhnya, sekring ini berwarna transparan di bagian tengahnya.

Logam yang terdapat pada ujung sekring ini terlihat seperti besi dengan ukuran yang telah disesuaikan. Pada bagian ujung ini pula terdapat keterangan kode barang dan juga kapasitas jumlah arusnya.

  • Tabung

Hampir sama dengan cartridge, hanya saja jenis sekring ini terbuat dari kaca pada bagian tengahnya. Sekring jenis ini juga memiliki logam pada bagian ujungnya. Pada logam itulah terdapat kode dan ukuran muatan arus yang terdapat pada kapasitas sekring tersebut.

Saat ini, sekring tabung sudah sulit ditemukan. Pasalnya, sekring tabung biasa dimanfaatkan pada mobil yang familiar di era 80’an. Bagi pecinta mobil edisi lama, tentu sudah tak asing dengan tampilan sekring jenis ini.

  • Blade atau tancap

Komponen kendaraan Anda yang terlihat seperti gigilah yang disebut sekring blade. Sekring jenis ini memiliki bagian logam yang terlihat tertancap pada plastik yang terkesan seperti isolatornya.

Umumnya, sering dijumpai dengan sekring blade dengan isolator yang berwarna-warni. Pewarnaan isolator tersebut juga menjadi tanda terkait kemampuan arus pada masing-masing sekring. Sekring blade digunakan dengan cara ditancapkan dan ini banyak sekali dimanfaatkan untuk mobil modern saat ini.

  • Pelat

Sekring pelat atau yang biasa dikenal dengan terminal pelat merupakan komponen yang berperan sebagai pengaman pada arus listrik utama.

Warna

Warna-warni Sekring Mobil

  • Coklat Kekuningan 5 ampere
  • Cokelat 7.5 ampere
  • Merah 10 ampere
  • Biru 15 ampere
  • Kuning 20 ampere
  • Putih/Bening 25 ampere
  • Hijau 30 ampere
  • Orange 45 ampere

Mengenali warna dan kapasitasnya sangat perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan saat memilih sekring ketika akan membelinya. [Dew/Ari]​



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar