Mengetahui Penyebab Mobil Terbakar dari Kacamata Modifikator Audio

Berita Otomotif

Mengetahui Penyebab Mobil Terbakar dari Kacamata Modifikator Audio

JAKARTA – Mobil yang terbakar hangus memiliki banyak faktor penentu baik itu modifikasi maupun kondisi kendaraan yang tidak terawat dengan baik.

Akhir-akhir ini cukup banyak kasus mobil terbakar di jalan raya. Hal ini tentunya membuat cemas para pemilik kendaraan. Terdapat beberapa penyebab mobil bisa terbakar sampai hangus. Pada umumnya kebakaran terjadi karena terjadinya hubungan arus pendek pada kelistrikan.

Anton Tan, Penggawa Svigna Audio membeberkan beberapa penyebab terjadinya kasus mobil terbakar. Menurutnya modifikasi pada komponen kelistrikan mobil merupakan salah satu penyebab terjadi hubungan arus pendek atau biasa disebut korslet.

“Sebenarnya macam-macam penyebabnya. Dari kelistrikannya biasanya paling sering. Paling sederhana adalah saat konsumen mengganti lampu plafon yang tidak sesuai pabrikan. Tapi bisa juga dari audio dan untuk urusan ini (audio) biasanya berasal dari capasitor bank,” ucap Anton di BSD Autoparts beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa saat ini capasitor bank yang berada di pasaran tidak diketahui kualitasnya. Bahkan peredaran capasitor bank sendiri cukup sulit ditemui belakangan ini. Tidak jarang konsumen tertipu dengan kualitas komponen tersebut.

Disebutkan bahwa capasitor bank terdiri dari dua jenis yang berbeda. Sebagai pemain audio kawakan, Ia menyatakan bahwa fungsi benda itu belakangan ini tidak terlalu mendapat perhatian dari konsumen.
capasitor bank
“Capasitor bank ada yang berfungsi untuk hanya menyimpan daya. Tapi ada juga yang cuma numpang lewat. Sebenarnya tergantung kebutuhan konsumen maunya seperti apa. Fungsinya sendiri sesungguhnya tidak terlalu membantu sistem audio di dalam mobil,” jelasnya kemudian.

Dikatakan bahwa tabung penampung daya tersebut di atas, pada umumnya memiliki display untuk memantau kondisi kelistrikan. Namun menurutnya angka pada display bukanlah murni menggambarkan jalur kelistrikan normal.

“Display indikator itu bisa diatur secara manual. Komponen ini memiliki kemampuan untuk memberikan informasi seputar kelistrikan kendaraan. Nah pertanyaannya bagaimana dengan akurasinya, cara pengujian buat produk ini juga cukup sulit,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa banyak gerai audio saat ini yang tidak mengetahui dengan persis fungsi dari beberapa komponen. Sehingga pada akhirnya konsumen pula yang dirugikan, terutama saat terjadi arus pendek. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar