Mengenal Keunggulan Busi Berbahan Platinum

Panduan Pembeli

Mengenal Keunggulan Busi Berbahan Platinum

JAKARTA – Busi merupakan salah satu elemen yang sangat penting untuk kendaraan bermotor.

Fungsi dari busi adalah untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil lalu menjadi percikan api. Api tersebutlah yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi.

Busi sendiri ada banyak macamnya dan bahan pembuatannya. Salah satu bahan yang bisa digunakan adalah material logam mulia platinum pada bagian pusat elektroda (central electrode) seperti yang terdapat pada NGK G-Power.

NGK mengklaim bahwa bahan yang mereka gunakan tersebut bisa bertahan lebih lama bila dibandingkan dengan busi berbahan nickel alloy. Hal ini disampaikan oleh Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia beberapa waktu lalu.

Busi

“NGK mendesain khusus busi tipe G-Power menggunakan central electrode berbahan platinum dan ground electrode berbentuk Trapezoid agar mendapatkan hasil pembakaran optimal di dalam ruang bakar. Dengan ini maka perfoma kendaraan dan efisiensi bahan bakar akan lebih baik,” ungkapnya.

Dengan keunggulan ini maka diharapkan pemilik kendaraan dapat merasakan perfoma kendaraan yang optimal. Kesenangan berkendara pun bisa menjadi terasa lebih maksimal dibandingkan dengan penggunakan busi berbahan lain.

Tetap perlu perawatan rutin

Meski demikian, busi kendaraan tetaplah perlu dirawat guna menjaga performa kendaraan tetap maksimal. Salah satunya adalah dengan mengosok busi menggunakan sikat gigi yang lembut dan menghindari sikat kawat agar tidak merusak busi itu sendiri.

Tak hanya itu, bila busi sudah terendam banjir maka disarankan untuk melakukan penggantian dengan yang baru. Pasalnya, busi yang sudah terendam banjir maka ada kemungkinan ada kotoran masuk dan merusak komponen.

“Selama kondisi busi masih kering saat melewati banjir, tidak akan jadi masalah, silahkan terus dipakai. Tapi kalau sudah terendam air, seharusnya diganti karena kita tidak pernah tahu apakah busi kemasukan kotoran atau material lain saat terendam air,” terang Diko.

Tentunya dengan busi yang lebih sehat diharapkan perfoma kendaraan bisa terjaga dengan baik dan memberi kesenangan dalam berkendara. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar