Mengenal Beragam Jenis Kepala Busi

Berita Otomotif

Mengenal Beragam Jenis Kepala Busi

JAKARTA – Busi memiliki bentuk bagian kepala beragam yang dibuat sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Yuk kenali bentuk-bentuknya.

Produsen busi menawarkan berbagai jenis produk unggulan yang bertujuan meningkatkan proses pembakaran. Untuk diketahui bahwa dengan adanya pembakaran yang sempurna, maka mesin dapat berkerja secara optimal. Pembakaran optimal tentu bermuara pada peningkatan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Busi yang diciptakan oleh masing-masing pabrikan busi pada umumnya telah disesuaikan dengan mesin kendaraan. Manufaktur kendaraan baik mobil maupun motor memiliki standar sendiri untuk jenis, diameter hingga bentuk busi.

Jenis busi yang diciptakan sendiri cukup beragam di pasaran. Salah satu yang ramai menjadi perbincangan adalah busi dengan ground elektroda lebih dari satu. Mengutip dari akun Instagram NGK Busi Indonesia inilah manfaat kepala busi atau elektroda lebih dari satu.

  • Busi 2 Elektroda atau 2 Ground Electrode

Busi 2 elektoda ini memiliki kemampuan untuk mencegah carbon fouling dengan jalur percikan secara bergantian. Busi jenis ini memiliki kode BKR6EK dan biasanya digunakan untuk BMW seri 3 atau 3 Serie.

  • Busi 3 Elektroda atau 3 Ground Electrode

3 elektroda pada busi ini bukan Cuma hiasan, namun berguna untuk membuat jalur percikan api saat karbon menumpuk. Adanya celah busi tambahan, dapat mencegah carbon fouling pada mesin kendaraan. Busi jenis ini memiliki kode BUR6ET dan biasa digunakan untuk Volvo S40.
Jenis Kepala Busi

  • Busi 4 Elektroda atau 4 Ground Electrode

Karena memiliki 4 ground electrode, percikan api yang lepas diantara permukaan insulator dan celah udara. Pada akhirnya busi jenis ini membantu membakar karbon di dalam ruang mesin. Busi jenis ini memiliki kode BKR6EQUP dan digunakan pada Audi A6.

Dapat disimpulkan bahwa busi dengan jenis kepala atau ground elektroda lebih dari satu berfungsi untuk mencegah penumpukan karbon. Seperti disebutkan di atas busi yang baik mampu mencegah terjadinya penumpukan karbon dalam ruang bakar.

"Busi dengan ground elektroda lebih dari satu tidak hanya mengusir tumpukan karbon dalam mesin, tapi bisa mengurangi vibrasi atau getaran.," ucap Diko Oktaviano, Technical Specialist NGK Busi Indonesia. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar