Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mencengangkan, Nissan Rela Jual Pabrik Rp15 Ribu dan Pergi dari Rusia

Berita Otomotif

Mencengangkan, Nissan Rela Jual Pabrik Rp15 Ribu dan Pergi dari Rusia

MOSKOW – Nissan menjadi jenama otomotif terakhir yang meninggalkan Rusia. Bahkan, pabrik beserta fasilitas lain mereka jual belasan ribu rupiah saja.

Nissan, seperti dilaporkan Reuters belum lama ini, melego bisnisnya kepada NAMI yang notabene merupakan institusi milik pemerintah Rusia. Harganya sangat mencengangkan yaitu cuma 1 euro (Rp15.059,59).

Harga itu mencakup pabrik milik Nissan Manufacturing Russia LLC, fasilitas riset dan pengembangan, plus pusat pemasaran dan penjualan di Moskow.

Kesepakatan dengan Nissan, kata Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov dalam pernyataan resmi, ‘membawa signifikansi yang besar bagi industri’.

Merek mobil asal Jepang ini rela menelan kerugian dengan nilai setara 687 juta dollar AS (Rp10,56 triliun, 1 dollar AS = Rp15.379,45) demi minggat dari Rusia. Namun, di dalam perjanjian transaksi dengan NAMI, ada klausul buyback (pembelian kembali) dalam kurun enam tahun.

Kepergian Nissan memperpanjang daftar pabrikan otomotif yang meninggalkan Rusia, sejak ‘Negeri Beruang Merah’ menginvasi Ukraina pada Februari 2022 hingga sekarang.

Nissan menyusul pemegang saham terbanyak mereka yaitu Renault yang menjual bisnis mereka ke perusahaan Rusia Avtovaz pada Mei.

Nissan telah berhenti memproduksi mobil di pabrik St. Petersburg sejak Maret gara-gara gangguan suplai pascaperang Rusia-Ukraina. Sejak itu, korporasi beserta unit-unit usaha lokalnya memantau situasi.

Mereka lalu merasa tidak melihat harapan perubahan pada situasi eksternal dalam waktu dekat, sehingga memutuskan langkah ekstrem tersebut.

Daftar perusahaan otomotif yang ‘cabut’ dari Rusia punya potensi bertambah. Soalnya, Mitsubishi yang turut menjalin aliansi dengan Renault-Nissan pun sedang mempertimbangkan untuk mengambil langkah yang sama, menurut investigasi Nikkei.

Ketika dimintai keterangan, Juru Bicara Mitsubishi Motors Corporation menjelaskan bahwa pihaknya belum memutuskan apa pun. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang