Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Suzuki Karimun Wagon R Terbaru Tunggu Aturan LCGC Jilid 2

Berita Otomotif

Suzuki Karimun Wagon R Terbaru Tunggu Aturan LCGC Jilid 2

JAKARTA – Suzuki Wagon R atau yang biasa dikenal dengan sebutan Suzuki Karimun Wagon R generasi terbaru berhasil mendapatkan respon positf di India tapi tidak serta merta membawa angin positif untuk pasar Indonesia. 

Namun hasil tersebut rupanya belum cukup untuk membuat Suzuki Indonesia untuk segera meluncurkan kendaraan serupa. Padahal di Indonesia sendiri Suzuki Karimun Wagon R kurang memberikan sumbangsih yang signifikan.

“Positif di India tapi di Indonesia itu beda. Jadi kami masih on progresslah untuk bisa memproduksi generasi baru dari Karimun Wagon R,” tutur Donny Saputra, Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Jakarta.

Ia pun tidak menampik bahwa saat ini pihaknya tengah menunggu aturan terkait mobil LCGC jilid kedua. Dengan kehadiran aturan baru diharapkan akan bisa membuat Suzuki lebih leluasa dalam memproduksi kendaraan ternasuk Suzuki Karimun Wagon R.

“Salah satunya (menunggu aturan LCGC jilid 2). Tapi memang ada banyak alasan yang harus dipertimbangkan khususnya tiga hal yaitu market, product dan regulasi. Kalau kami bawa unitnya ke Indonesia lalu program LCGC dihentikan bagaimana,” tuturnya.

Donny juga menjelaskan bahwa pihaknya tidak hanya melihat potensi domestik tapi potensi ekspor juga harus diperhatikan. Akan sangat disayangkan bila Suzuki hanya fokus untuk memenuhi kebutuhan nasioal sementa ada potensi lain di luar negeri.

“Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia hanya laku 500an unit sementara jumlah ekspor mobil tersebut mencapai 3.000-an unit. Sudah enam kali lipat. Itulah kenapa kami harus mengukur duu market-market di luar Indonesia,” tambahnya kemudian.

Untuk memperkuat daya saing, Suzuki pun berharap Pemerintah mengeluarkan kebijakan yang dapat berdampak positif khususnya dibidang otomotif/

“Harapan kami adalah Pemerintah memberikan regulasi yang dapat memudahkan kami,” pungkas Donny. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang