Suzuki Karimun Wagon R 3 Baris akan Meluncur Akhir Tahun

Berita Otomotif

Suzuki Karimun Wagon R 3 Baris akan Meluncur Akhir Tahun

NEW DELHI – Maruti Suzuki India dikabarkan akan mulai memproduksi Wagon R (Karimun Wagon R di Indonesia) tiga baris di India pada bulan September 2018.

Isu terkait Suzuki Karimun Wagon R tiga baris sebenarnya bukanlah sebuah hal baru. Pasalnya mobil ini sempat dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 sebagai mobil konsep.

Suzuki pun menyatakan ketika itu bahwa pihaknya sedang melakukan studi pada masyarakat terhadap mobil tersebut. Sayangnya, hingga hampir lima tahun, rencana melahirkan Suzuki Karimun Wagon R seakan hilang ditelan bumi.

Namun, Maruti Suzuki India tampaknya berkata lain. Mereka dikabarkan akan memproduksi mobil tersebut sebagai generasi baru dari Suzuki Wagon R. Maka tidak heran bila diperkirakan perubahan mobil akan cukup banyak.

Salah satu perubahan yang dikabarkan akan paling terasa adalah penggunaan Heartect platform dan sejumalh fitur keselamatan akan disematkan. Mesin juga akan diganti dari sebelumnya menggunakan mesin K10B berkapasitas 1.000cc maka di Suzuki Wagon R tiga bari mereka akan menyematkan mesin K12B berkapasitas 1.200cc.

Sementara itu di Indonesia, pengembangan Suzuki Karimun Wagon R sedang dilaksanakan namun dikabarkan bahwa masih jauh dari hasil akhir. Hal ini karena Suzuki lebih banyak menjualnya ke Pakistan dibandingkan di negara sendiri.

Akibatnya, pengembangan tidak bisa semata-mata dilakukan di Indonesia melainkan harus melihat keinginan pasar di Pakistan. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk berharap bahwa Suzuki Karimun Wagon R akan memiliki tiga baris pula. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support