Mempersiapkan Mobil Sebelum dan Sesudah Perjalanan Jauh

Panduan Pembeli

Mempersiapkan Mobil Sebelum dan Sesudah Perjalanan Jauh

JAKARTA – Melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil pribadi, diperlukan pengecekan kondisi kendaraan agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Berwisata dengan mobil pribadi selain bisa memangkas budget, juga memberikan lebih banyak waktu bersama keluarga atau teman. Namun sebelum melakukan perjalanan, kendaraan yang akan digunakan sebaiknya diperiksa agar tidak menyusahkan penggunanya.

Oli Mesin

Pastikan oli mesin memiliki volume yang cukup. Cara cek volume oli mesin dengan memeriksa level pada stik oli. Level oli harus berada di garis antara tanda L dan F dan seharusnya sedikit di bawah garis level F, jika kurang tambahkan secukupnya. Pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli Anda masih cukup untuk jarak yang akan anda tempuh.

Artikel bersambung dibawah

Air Radiator
Pastikan air radiator mobil Anda dalam kondisi penuh dan air reservoir sampai batas level atau tidak perlu terlalu penuh. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Bila menemui selang yang menggelembung atau retak, sebaiknya diganti guna menghindari selang pecah di tengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.

Filter dan Selang Bensin
Pastikan bahwa selang bahan bakar tidak mengalami keretakan atau kebocoran. Selain itu pastikan juga filter bensin tidak tersumbat.
Bagi Anda yang sering melakukan servis rutin berkala kendaraan, biasanya filter bensin dalam kondisi bersih.

Putaran Kipas Pendingin atau AC
Bila kipas diputar oleh belt, maka periksalah kondisi fisiknya. Bila belt telah retak-retak, maka layak untuk diganti. Cek juga ketegangan tension belt agar putaran kipas dapat optimal. 
Cara mengecek pedinginan mesin mobil oleh kipas mesin berjalan normal adalah dengan memperhatikan jarum pointer penunjuk temperature.
Jika melebihi garis tengah berarti mesin cukup panas namun masih aman, kalau lebih dari setengah sebaiknya Anda berhenti, tunggu sampai mesin mobil dingin. Selanjutnya periksa kondisi air pendingin dan kipas.

Timing Belt
Penggantian timing belt berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer pada speedometer. Jika timing belt telah digunakan sejauh 50.000 km, sebaiknya Anda segera mengganti dengan yang baru meskipun belum terdapat kerusakan karena pabrik merekomendasi pemakaian lebih lama.

Saringan Udara
Air filter atau saringan udara sebaiknya dibersihkan sebelum menempuh perjalanan jauh. Pemakaian air filter berpatokan pada jarak tempuh yaitu sekitar 10.000 km.

Baterai
Periksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Periksa pula level air aki. Jika kurang tambahkan dengan air aki murni, kami menyarankan Anda tidak menambahkan air aki dengan air zuur (H2S04) demi menjaga kualitas aki mobil.

Ban

Cek kondisi ban baik itu secara fisik dan tekanan ban. Tekanan ban mobil normalnya sekitar 30-34 psi.

Rem
Periksa level minyak rem. Jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran. Periksa sistem rem apakah terlihat ada kebocoran
pada selang, master rem dan periksa apakah ada basah dibagian dalam velg sebagai tanda kebocoran silinder roda. Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik.

Lampu
Cek secara keseluruhan kondisi lampu mobil Anda. Pastikan semua lampu dapat berfungsi dan menyala dengan normal. Bila ada lampu yang mati, sebaiknya Anda segera mengganti.

Wiper
Ini sangat berguna sekali bila berkendara di musim hujan. Pastikan wipper kaca mobil dapat berfungsi dengan normal. Bila Anda masih merasa ragu dengan cara pemeriksaan yang benar maka sebaiknya bawalah mobil Anda ke bengkel resmi.

Setelah melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi, tidak ada salahnya untuk kembali melakukan pengecekan. Terutama jika Anda melakukan perjalanan ke daerah yang medannya cukup berat. Pada umumnya sektor kaki-kaki adalah komponen yang paling pertama terkena dampaknya.

Jika dalam perjalanan, Anda melalui jalan yang macet parah, maka komponen mesin juga wajib dicek agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. ###



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support