Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Masih Mahal dan Belum Cuan, Hino Indonesia Belum ‘Lirik’ Truk Listrik

Berita Otomotif

Masih Mahal dan Belum Cuan, Hino Indonesia Belum ‘Lirik’ Truk Listrik

JAKARTA – Hino belum berpikir menjual truk listrik di Indonesia. Salah satu alasannya harga jual yang masih sangat mahal sehingga kurang menguntungkan.

Chief Operating Officer PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo, di sela-sela Media Gathering pada 18 Januari 2023 kemarin, menegaskan pihaknya ingin memproduksi lokal semua truk dan bus yang mereka jual di Tanah Air.

Tapi, truk listrik mereka belum cukup ekonomis untuk dirakit lokal antara lain karena harga yang masih sangat mahal.

Sebagai informasi, pabrikan otomotif asal Jepang itu sebenarnya sempat memamerkan truk listrik Hino Dutro Z EV dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Dutro Z EV merupakan truk ringan alias light duty truck. Segmen ini, di Indonesia, selama puluhan tahun dikuasai kompetitor Hino yakni Mitsubishi Fuso.

truk listrik Hino Dutro Z EV

“Kami, kan, sudah punya pabrik sendiri di sini. Di Cikampek. Kami ingin semua (produk) dibuat di Indonesia semaksimal mungkin dan tentunya dengan harga terjangkau. Untuk apa kami buat, harga mahal sekali. Seperti Z E, harganya bisa miliaran. Mungkin harganya bisa tiga kali lipatnya (truk ringan konvensional),” tukas Santiko meladeni pertanyaan Mobil123.com di Jakarta.

“Kami buat tapi ujung-ujungnya mahal, ya, jadinya tidak ekonomis. Kami ingin membuat sesuatu yang bisa dipakai di Indonesia dan tentunya diproduksi di Indonesia seoptimal mungkin untuk Indonesia juga,” lanjutnya.

Dutro Z EV sendiri, menurut dia, sejauh ini juga hanya dijual di Jepang. Truk listrik tersebut dimanfaatkan oleh sektor logistik di area perkotaan.

“Belum dipasarkan di luar Jepang. Tapi, dengan catatan bahwa kendaraan itu hanya digunakan sebagai delivery truck. Model rutenya kayak TransJakarta, berputar di situ-situ saja, di dalam kota,” pungkasnya.

truk listrik Hino Dutro Z EV

Hino, tandas Santiko, juga memerhatikan isu ketersediaan infrastruktur pengecasan truk listrik di Indonesia yang masih belum merata.

Ini menjadi lebih penting lagi bagi sektor kendaraan niaga yang digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

“Saya sering berbicara bahwa Indonesia itu luas. Kalau untuk trucking dan segala macam, (truk listrik) ini butuh stasiun pengisian ulang yang banyak sekali. Kalau (lingkup mobilitasnya) hanya seperti Transjakarta itu memungkinkan. Tetapi, kalau seperti truk yang harus ke mana-mana, ya, Anda bisa membayangkan,” papar dia.

Di samping Dutro Z EV, jenama anak usaha Toyota Motor Corporation tersebut juga sudah memperkenalkan beberapa truk dan bus listrik lain untuk pasar global.

Di antaranya bus listrik Hino Poncho EV yang sempat pula dipamerkan di Indonesia beberapa tahun lalu. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang