Lelang Mobil Bekas Berada di Masa Sulit

Berita Otomotif

Lelang Mobil Bekas Berada di Masa Sulit

JAKARTA – Pasar mobil bekas di PT. Balai Lelang Serasi (Ibid) - Astra International pada musim Lebaran diklaim mengalami masa sulit meski sudah memasuki musim Lebaran. Hal ini disampaikan oleh Daddy Doxa Manurung, ‎Chief Operation Officer PT. Ibid - Astra International.

Menurutnya, harga mobil bekas di pelelangan, khususnya mobil MPV justru terbilang menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya. Penyebab kondisi tersebut adalah semakin tipisnya jarak harga antara mobil bekas dengan mobil baru ditambah diskon.

“Dari akhir tahun lalu sudah berat. Tahun lalu pasar menurun dibandingkan tahun 2016 dan pada Lebaran tahun ini kami hanya meningkat 10-15 persen dibandingkan penjualan di bulan biasa. Ini karena mobil baru diberikan diskon besar, sehingga kami terkena dampak langsung,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan bahwa saat ini harga mobil MPV bekas dan SUV cenderung mengalami penurunan sekitar 10-15 juta dibanding tahun lalu. Namun, harga mobil LCGC justru terbilang lebih stabil dibanding model lainnya.

“LCGC harganya stabil karena masih ada pasarnya. Biasanya yang membeli mobil LCGC bekas, adalah para pengemudi taksi online. Tapi kalau MPV seperti Toyota Avanza, harga terbentuknya sudah drop meski di bulan ramadhan ada peningkatan,” tambahnya.

Untuk meningkatkan kembali jumlah pembeli di balai lelang, Ia pun telah melakukan investasi pada sektor digital. Saat ini, Ia tengah menyiapkan kemudahan untuk melakukan lelang secara online sehingga pelanggan bisa melakukan lelang dari berbagai tempat. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar