Lorenzo Hanya akan Jajal Motor Bekas di Portimao

Berita Otomotif

Lorenzo Hanya akan Jajal Motor Bekas di Portimao

LE MANS – Jorge Lorenzo akan melakukan tugasnya sebagai test rider tim Yamaha di sirkuit Portimao, Portugal (07-07/10/2020). Sayang ia hanya menjajal Yamaha YZR-M1 bekas balap MotoGP tahun lalu, apa alasannya?.

Lorenzo akan kembali menguji Yamaha YZR-M1 setelah terakhir kalinya pada Februari 2020. Dia ditugaskan untuk mengembalikan performa motor berlambang Garpu Tala tersebut. Seperti diketahui Yamaha mengalami banyak masalah sejak musim MotoGP 2020 dimulai.

Juara dunia MotoGP tiga kali tersebut dikenal cukup piawai dalam mengembangkan performa motor secara maksimal. Pembalap asal Spanyol ini juga berhasil memboyong gelar juara dunia MotoGP bersama Yamaha pabrikan.

Sebelumnya andil Lorenzo sempat dipertanyakan oleh Fabio Quartararo dan Valentino Rossi. Karena sejak diumumkan sebagai pembalap tester, jasa Lorenzo belum dimanfaatkan lagi sejak Februari 2020. Sementara para pembalap Yamaha rata-rata sudah menghabiskan jatah mesinnya musim ini.
Jorge Lorenzo
Lorenzo akan kembali turun gunung setelah mendapat kritik dari para pembalapnya. Ia akan mengambil kesempatan untuk membantu para pembalap inti dalam mengembangkan YZR-M1. Selama dua hari, Ia akan turun di lintasan balap Autodromo Internacional do Algrave, Portimao, Portugal.

“Saya sudah tidak sabar untuk bisa kembali mengendarai motor MotoGP. Sudah sembilan bulan lamanya, hampir satu tahun saya tidak mengendarai motor. Akan terasa sulit untuk bisa membiasakan diri kembali dengan kecepatan dan motor ini lagi. Namun kami memiliki waktu dua hari dan treknya menyenangkan,” ucap Lorenzo seperti dikutip Speedweek.com.

Namun sayangnya Lorenzo akan menggunakan motor tahun lalu alias bekas. Ia hanya berkesempatan untuk mengembangkan motor musim 2019. Secara spesifik, hanya beberapa komponen saja yang bisa Ia kembangkan.

“Saya sangat paham bahwa kami akan menggunakan motor yang sama dengan Sepang. Kami tidak bisa membawa motor baru di sini, jadi kami akan menguji gearbox dan semua ban untuk mengetahui mana yang terbaik untuk time attack dan balapan jarak jauh,” katanya kemudian.

Ia mengatakan bahwa Yamaha tidak sempat membawa motor barunya ke Portimao. Salah satu alasannya adalah pandemi Covid-19, sehingga pengiriman motor dari Jepang ke Portugal terhambat. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar