Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Lengkap! Ini Program Mudik Gratis Lebaran 2022

Berita Otomotif

Lengkap! Ini Program Mudik Gratis Lebaran 2022

Pemerintah telah resmi mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik lebaran 2022, setelah dua tahun sebelumnya dilarang karena pandemi Covid-19.

Meski diperbolehkan mudik, ada beberapa syarat yang harus dipatuhi. Pertama, pemudik diwajibkan sudah mendapatkan vaksin ke-3 Covid-19 atau booster. Kedua, bagi pemudik yang belum vaksin ke-3, wajib menyertakan hasil tes swab negatif. 

Syarat ketiga, pemudik harus memiliki aplikasi PeduliLindungi dan mengisi formulir E-Hac. Syarat terakhir, pemudik harus mematuhi protokol kesehatan.

Sehubungan dengan adanya kebijakan pemerintah memberi kelonggaran mudik tahun ini, sejumlah pihak mulai mengumbar program mudik gratis.

Berikut program mudik gratis lebaran 2022 yang Mobil123.com kutip dari berbagai sumber.

Mudik Gratis Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membuka kuota mudik gratis untuk 10.500 orang. Dijadwalkan mudik gratis akan dilaksanakan mulai 27 hingga 29 April 2022.

Mekanisme pendaftaran mudik gratis tahun ini dapat dilakukan secara daring (online) melalui website resmi Kemenhub. Nantinya, para pemudik juga diminta melakukan registrasi di 5 lokasi yang sudah ditentukan yaitu Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi dan Depok.

Mudik gratis ini akan mengangkut pemudik untuk tujuan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk tujuan Jawa Barat meliputi kota Cirebon, Tasik, dan Garut.

Sementara tujuan Jawa Tengah menuju Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Cilacap, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, dan Purwokerto.

Kemenhub menyiapkan 350 bus yang akan mengangkut pemudik.

Jumlah itu dibagi dua, untuk masa arus mudik ada 270 bus yang beroperasi dengan total kapasitas 8.100 penumpang dan arus balik sebanyak 80 bus dengan kapasitas 2.400 penumpang.

Mudik Gratis Sahabat Ganjar

Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Forum Sahabat Ganjar turut mengadakan program mudik gratis tahun ini.

Dilaksanakan pada 28 April mendatang, Forum Sahabat Ganjar menyediakan sekitar 16 bus untuk mengantarkan 800 orang ke kampung halaman mereka masing-masing.

Dalam program mudik gratis ini, Sahabat Ganjar menyasar para pekerja, buruh keras, serta penjual jamu. Kategori tersebut dipilih atas dasar keterbatasan ekonomi terutama di era pandemi.

Warga dengan katagori di atas yang ingin memanfaatkan program mudik ini bisa mendaftarkan diri melalui website yang sudah ditentukan.

Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta

Tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga mengadakan program mudik gratis.

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 292 unit bus untuk mengangkut pemudik saat arus mudik, dan 200 bus untuk arus balik.

Selain itu, Pemprov DKI juga memfasilitasi pengangkutan kendaraan roda dua pemudik, yakni dengan menyiapkan 22 truk untuk arus mudik, dan 9 truk saat arus balik.

Namun, hingga berita ini ditulis, lokasi tujuan mudik dan hari keberangkatan masih belum ditentukan karena masih dalam proses koordinasi.

Program Angkutan Motor Gratis dengan Kereta Api

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan kembali membuka program Angkutan Motor Gratis (Motis) pada periode mudik Lebaran 2022. Sebelumnya, program ini dihentikan selama dua tahun berturut-turut sejak 2020 akibat pandemi Covid-19.

Program Motis diadakan untuk menekan jumlah pemudik dengan kendaraan roda dua pada Lebaran tahun ini.

Program Motis ini dikhususkan bagi para pemudik yang telah memiliki tiket kereta api.

Sementara rutenya diprioritaskan untuk perjalanan kereta api menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah. [Tih/]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang