Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Komparasi Daihatsu Terios R Custom vs Toyota Rush GR Sport, Satu Pabrik Beda Kasta

Panduan Pembeli

Komparasi Daihatsu Terios R Custom vs Toyota Rush GR Sport, Satu Pabrik Beda Kasta

Hampir setahun setelah Daihatsu meluncurkan facelift dari generasi kedua Terios di Indonesia, Toyota pada bulan lalu ikut memperbaharui penampilan dari Rush agar up to date. Kedua SUV ini lahir dari pabrik yang sama, yaitu diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor.

Perbedaan dari Toyota Rush dan Daihatsu Terios tidak terlalu signifikan, baik itu desain maupun fitur kelengkapannya. Namun demikian, bukan rahasia lagi kalau harga mobil Toyota pasti lebih mahal dari Daihatsu walau merupakan produk kembar.

Pada tipe tertinggi, Daihatsu Terios R Custom levelnya kurang lebih setara dengan Rush GR Sport. Namun secara harga, Daihatsu R Custom AT dijual seharga Rp306,75 juta dan Rush AT GR Sport diniagakan pada angka Rp310,45 juta. 

Dengan selisih hampir Rp4 juta, apakah Toyota Rush GR Sport bisa lebih oke Dibanding Terios R Custom? Daripada penasaran, mari kita bandingkan keduanya.

Adu Penampilan Daihatsu Terios R Custom vs Rush GR Sport

PT ADM melakukan beberapa rombakan desain Terios R Custom mencakup New Front Grille Design, New Front & Rear Bumper Design, dan juga New Fog Lamp Cover Design. Lebih lanjut, pencahayaan sudah serba LED, dan ada DRL berbentuk L shape.

Hanya saja fog lamp dan lampu sein masih menggunakan lampu halogen. Pada tipe ini dilengkapi aksesoris berupa New Aero Kit & Fog Bezel, garis merah di atas grill, dan juga Smoke Headlamp with Red Accent. Cover spion memakai warna hitam, dan velg berdiameter 17 inci dual tone dengan sebutan Black Polished Alloy Wheel.

Pada Toyota Rush GR Sport, sisi eksterior dibuat lebih menyerupai penampilan Fortuner. Perubahan cukup besar tampak di bagian depan New Rush GR Sport, dengan aksen grill baru. Black Glossy Front Grille Ornament, New Design Black Glossy Front Bumper Spoiler menampilkan kesan yang lebih macho dan tangguh.

Ubahan lainnya mencakup aksen warna hitam yang mewah diberikan pada bagian Black Outer Mirror dan Black Door Handle. Selanjutnya emblem Dual VVT-i di spakbor depan dilepas dan digantikan oleh Black Glossy Over Fender untuk melindungi seluruh spakbor.

Black Glossy Side Body Moulding penempatannya di pintu digeser lebih rendah, bersama desain baru pada Two-tone Alloy Wheel. Ke bagian belakang, Black Glossy Upper Door Garnish berpadu New Design Black Glossy Rear Bumper Spoiler menampilkan postur tubuh yang lebih macho dan tangguh di belakang.

Kelengkapan Fitur di Terios R Custom Lebih Beragam Dibandingkan Rush GR Sport

Masuk ke interior, jok Terios R Custom dilapisi semi kulit dan fabric, dilengkapi dengan jahitan bergaris merah. Kemudian instrumen panelnya termasuk sandaran tangan di pintunya sudah soft pad. 

Head unit Terios R Custom masih menggunakan ukuran 7 inch yang dilengkapi Smartphone Connection baik Android Auto maupun Apple CarPlay. Tak lupa, Wireless Charger sudah ada di tipe R ADS dan R Custom. Fitur yang terletak di balik arm rest tersebut dapat memudahkan pengguna ketika ingin melakukan pengisian daya pada smartphone hanya dengan meletakkannya.

Di sisi lain, Toyota Rush GR Sport juga mendapat upgrade interior. Mulai dari aksen Black Interior Color menghadirkan atmosfer kabin yang lebih premium. 

Toyota Rush improvement 2024 memakai 9-Inch Audio Screen dengan opening GR logo, lalu terdapat Portable Tire Inflator (12 V) yang juga tersedia pada New Rush GR Sport dan tipe G. Selebihnya, Toyota mempertahankan fitur unggulan yang jadi andalan di Toyota Rush seperti 8 unit surround sound speaker untuk sistem audio.

Adu Fitur Keselamatan Terios R Custom Vs Rush GR Sport

New Terios untuk fitur keamanannya dibekali keyless entry mulai dari tipe R hingga R Custom. mobil ini juga memiliki  immobilizer serta alarm system yang dapat meminimalisir pengguna dari tindak pencurian.

Sebagai fitur keselamatan standar, Terios facelift memiliki Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), Front Seat Safety Belt with Pretensioner & Force Limiter. Terios R Custom juga didukung  6 airbags yang berfungsi untuk meminimalisir cedera apabila mengalami benturan keras.

Bukan cuma itu, Terios juga dilengkapi seat belt warning lamp & buzzer, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA). Lebih lanjut, Terios mendapat tambahan sensor parkir di depan yang memudahkan pengemudi untuk mengatur jarak dengan kendaraan atau objek lainnya.

Terios R Custom juga mendapat tambahan fitur berupa around view monitor dengan kamera 360 derajat, untuk melihat kondisi sekitar mobil secara visual melalui layar pada head unit.

Bagaimana dengan Toyota Rush GR Sport? Keselamatan merupakan aspek lain terkuat dari Toyota Rush. Mobil ini mendapat peringkat bintang 5 dari ASEAN NCAP untuk uji coba kecelakaan, sehingga memiliki sistem perlindungan yang layak. 

Selain rem berteknologi ABS plus EBD berikut emergency brake signal, pada kabin Toyota Rush terbaru juga sudah ada kantung udara berjumlah sampai enam titik. Ada pula vehicle stability Control (VSC) dan hill start assist (HSA).

Hanya saja, Rush GR Sport tidak memiliki sensor di sisi muka dan kamera 360 sebagaimana yang terdapat pada Terios R custom.

Terios R Custom dan Rush GR Sport Pakai Mesin dan Fitur Pendukung yang Sama

Baik Terios R Custom dan New Rush S GR Sport dipersenjatai mesin 2NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valves, DOHC, berkubikasi 1.496 cc dengan teknologi Dual VVT-i. 

Mesin tersebut menghasilkan tenaga hingga 104 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm pada putaran 4.200 rpm. Transmisi yang tersedia yaitu otomatis 4 percepatan torque converter yang terkenal tangguh dan mudah dari segi perawatan.

Mesinnya telah didukung teknologi Eco Idle yang diklaim lebih hemat 5-10 persen. Mekanisme kerja fitur Eco Idle yakni mesin akan mati secara otomatis ketika mobil berada di posisi berhenti beberapa detik.

Kesimpulan

Melihat segala kelengkapan yang dimiliki kedua model kembar tersebut, bisa kita simpulkan kalau Terios R Custom sedikit lebih unggul soal fitur yang dimiliki. Low SUV jagoan Daihatsu ini memiliki sensor parkir bagian depan serta fitur wireless charging yang semakin dibutuhkan para pengguna ponsel modern. 

Sementara itu, Rush GR Sport hanya menang soal penampilan yang makin gagah dengan aksen ala Fortuner, serta update head unit dengan layar yang lebih besar. Selebihnya, tidak ada update signifikan soal kelengkapan fitur maupun performa. 


 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang