Komentar Toyota Tentang Mobil China yang Makin Kaya Fitur dan Murah

Berita Otomotif

Komentar Toyota Tentang Mobil China yang Makin Kaya Fitur dan Murah

JAKARTA - Toyota menanggapi strategi merek mobil China yang royal urusan fitur dan harga. Menurut mereka, pertimbangan konsumen dalam membeli mobil itu bukan hanya dua aspek tersebut.

Saat ini ada dua merek mobil China di Indonesia yaitu Wuling dan Dongfeng Sokon (DFSK). Keduanya serius masuk dengan membangun pabrik dan mulai berbisnis sejak sejak dua tahun lalu dengan memberikan harga mobil jauh lebih murah ketimbang para kompetitor sekelas tapi berfitur jauh lebih lengkap serta canggih.

Contoh terakhir adalah Wuling Almaz 7-seater dan Glory 580 i-Auto. Almaz punya fitur standar voice command yang biasanya hanya ada di segmen mobil premium dan harganya amat bersaing, sementara Glory 580 i-Auto pun punya fitur standar sama dengan banderol dijanjikan kompetitif saat dijual mulai kuartal keempat 2019.

Menanggapi fenomena ini, Anton Jimi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) mengakui strategi tersebut membawa tekanan dan kompetisi lebih terhadap mereka.

Namun demikian, para pembeli kendaraan ia nilai tidak cuma melihat harga dan fitur. Ada faktor-faktor lain yang bisa menjadi penentu.

“Tidak hanya masalah fitur tapi durabilitas produk, spesifikasi mesin seperti apa, pelayanan seperti apa. Di saat itulah, konsumen pasti akan mempertimbangkan juga produk Toyota,” jelasnya.

Anton mengaku Toyota juga memperhatikan kebutuhan konsumen Indonesia. Spesifikasi kendaraan-kendaraan Toyota saat ini dibuat berdasarkan pertimbangan itu.

"Selain melihat kompetisi, kami juga melihat kebutuhan dari konsumen. Kalau memang kebutuhan dari konsumen adalah spesifikasi tertentu, pasti kami juga akan fokus untuk perkenalkannya," pungkasnya.

2 ‘DNA’ Toyota
Anton mengatakan bahwa Toyota punya dua ‘DNA’ sangat kuat di Indonesia. Pertama adalah kualitas, durabilitas, serta keandalan produk sudah terbukti lama sedangkan yang kedua ialah jaringan penjualan plus purnajual dengan jangkauan yang masif.

“QDR (Quality, Durability, Reliability) produk-produk Toyota sudah terbukti di Indonesia. Sejarah kami sedemikian panjang di sini. Kami juga punya jaringan penjualan dan purnajual yang sangat-sangat kuat,” paparnya.

Kedua hal ini menopang kelebihan Toyota yang lain yaitu lini produk yang lengkap di semua segmen.

“Bayangkan, konsumen yang pertamanya masuk dari LCGC, pelan-pelan akan naik ke segmen lain di atasnya dan di situ dia bisa naik juga ke keluarga Toyota yang lain. Saya rasa itu juga keunggulan lain Toyota,” tambahnya.

Namun demikian, ada studi yang mengatakan bahwa kaum milenial, yang mendominasi demografi Indonesia, cenderung tidak loyal pada sebuah merek jika dibandingkan dengan generasi sebelum mereka. Hal ini diamini oleh Anton.

“Ya, ada yang bilang seperti itu. Ada yang bilang seperti itu memang,” tutupnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support