Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kijang Innova Mobil Hybrid Produksi Indonesia Pertama dari Toyota, Meluncur 2022

Berita Otomotif

Kijang Innova Mobil Hybrid Produksi Indonesia Pertama dari Toyota, Meluncur 2022

JAKARTA - Kijang Innova akhirnya bisa dipastikan sebagai mobil hybrid produksi Indonesia pertama dari Toyota yang akan mengaspal tahun ini.

Semua informasi yang mengarah ke rencana Kijang Innova hybrid pada 2022 terkumpul secara perlahan dua tahun belakangan. Petunjuk sekaligus kepastian terakhir kembali diberikan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Toyota sudah menyampaikan komitmen memproduksi beberapa jenis kendaraan elektrifikasi yang akan diawali dengan produksi Kijang hybrid dan kami tentu akan terus mendukung serta mendorong percepatan kendaraan elektrifikasi,” ujar dia dalam kata sambutan ketika menghadiri seremoni ekspor ke-2 juta unit Toyota dari Indonesia yang ditayangkan secara virtual, Selasa (15/2/2022).

Dalam ‘Toyota Electrification Day’ pada Oktober 2021, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy sempat memberitahukan kalau pada 2022 pihaknya akan mulai meluncurkan mobil hybrid produksi lokal.

“Pada 2022, akan ada peluncuran satu produk mobil hybrid produksi lokal. Tentu saja harapannya bisa memberikan harga dan juga produk lebih cocok untuk masyarakat Indonesia,” sebut Anton.

Lalu, pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI) Warih Andang Tjahjono mengungkapkan perakitan mobil-mobil hybrid di Indonesia akan diawali oleh model-model yang sudah dijual di pasar roda empat Tanah Air.

“Dengan demikian, kami berharap (mobil hybrid produksi lokal) langsung bisa diterima masyarakat karena modelnya sudah tidak asing lagi,” pungkas Warih.

Agus Gumiwang, dalam webinar ‘Investor Daily Summit 2021’ beberapa bulan sebelumnya, juga menyinggung rencana Toyota memproduksi Kijang Innova hybrid pada 2022.

Tetapi, ketika itu, tidak disebutkan multi purpose vehicle (MPV) legendaris yang telah eksis di negeri ini sejak akhir 1970-an ini bakal menjadi model rakitan lokal yang pertama.

Diterangkan pula bahwa Toyota bersiap memproduksi lokal 10 model hybrid. Termasuk di antaranya ialah lima model plug-in hybrid electric vehicle (PHEV).

Pemerintah sendiri berambisi mendorong pasar maupun industri kendaraan listrik di Tanah Air dengan menyiapkan berbagai insentif.

Salah satunya tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) spesial bagi mobil-mobil berteknologi elektrifikasi mulai 16 Oktober 2021.

Toyota, di sisi lain, sudah menyiapkan tambahan penanaman modal sebanyak Rp28,3 triliun hingga 2024. Investasi sebanyak itu akan digunakan untuk strategi elektrifikasi kendaraan di Bumi Pertiwi. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang