Toyota Mau Meluncurkan Produk Baru di Indonesia Bulan Ini! Kijang Innova Hybrid?

Berita Otomotif

Toyota Mau Meluncurkan Produk Baru di Indonesia Bulan Ini! Kijang Innova Hybrid?

JAKARTA – Toyota memberikan sebuah bocoran. Mereka berencana meluncurkan produk baru pada Juli 2022. Apakah itu Toyota Kijang Innova hybrid?

Bocoran tersebut diberikan langsung oleh Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, di sela-sela Media Test Drive Toyota Veloz pada Kamis (30/6/2022) di Jakarta.

“Ada satu informasi, nih, kalau mau bocoran. Pada Juli nanti, ada, lah, sesuatu. (Peluncuran) produk,” ucap dia merespons pertanyaan Mobil123.com mengenai rencana peluncuran pada semester dua 2022.

Sayangnya, Anton tidak bersedia melanjutkan lagi keterangannya. Termasuk ketika ditanyakan mengenai waktu peluncuran Kijang Innova hybrid pada 2022.

“Tahun ini, kan, tinggal beberapa bulan lagi. Dalam tahun ini, lah. Ditunggu saja. Belum ada arahan untuk memberikan informasi lebih lanjut,” tukasnya.

Sekadar mengingatkan, Toyota sejak akhir 2021 membeberkan kalau pihaknya berniat memasarkan mobil hybrid rakitan lokal pertama mereka tahun depan. Model tersebut, menurut pabrikan otomotif asal Jepang ini, sudah dikenal oleh para konsumen di Tanah Air.

Identitasnya tidak mereka ‘bongkar’. Akan tetapi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam berbagai kesempatan tahun lalu telah membocorkan kalau Toyota bakal memulai perakitan lokal mobil hybrid dari Kijang Innova.

Multi purpose vehicle (MPV) itu sendiri merupakan model legendaris di pasar otomotif Indonesia. Pasalnya, model itu sudah bertahan 45 tahun, sejak pertama kali mengaspal dengan nama Kijang pada 9 Juli 1977.

Namanya berubah menjadi Kijang Innova sejak 2004. Mobil tiga baris ini telah bertransformasi dari mobil niaga, mobil keluarga berharga terjangkau, sampai kini merupakan mobil keluarga kalangan menengah ke atas.

Dalam kurun 45 tahun, Kijang plus Kijang Innova telah terjual sekitar dua juta unit.

Rencana Toyota merilis Kijang Innova hybrid tak lepas dari program pemerintah untuk mendorong pasar maupun industri mobil listrik lewat Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

 Pada hari pertama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, Toyota bahkan memamerkan purwarupa mobil listrik murni Kijang Innova BEV Concept.

Perpres Nomor 55 Tahun 2019 sendiri menjadi payung hukum dari seluruh insentif fiskal maupun non-fiskal bagi mobil listrik.

Di antaranya ialah insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) bagi mobil mild hybrid, hybrid, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), mobil listrik murni, sampai mobil hidrogen.

Apakah produk baru yang Toyota bersiap luncurkan pada Juli 2022 adalah Kijang Innova hybrid? Mari kita nantikan bersama. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar