Kelebihan dan Kekurangan Kia Sportage Bekas, SUV Alternatif non-Jepang

Panduan Pembeli

Kelebihan dan Kekurangan Kia Sportage Bekas, SUV Alternatif non-Jepang

Kia Sportage bekas bisa jadi SUV alternatif bagi Anda yang punya kocek pas-pasan, tentunya dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan mobil ini.

Sebagai kendaraan jenis SUV (Sport Utility Vehicle), Sportage memang kalah populer jika dibandingkan dengan produk-produk buatan Jepang. Padahal Sportage sendiri menawarkan banyak keunggulan dan pernah mendapatkan gelar desain terbaik.

Sejarah Kia Sportage

Mobil asal produsen Korea ini pertama kalinya hadir pada 1993 dan mengusung desain boxy yang kaku dan kurang sedap dipandang. Usut-usut ternyata desain tersebut merupakan hasil kerja sama Kia dengan Ford dan Mazda.

Kendaraan ini dipercaya tangguh menghadapi berbagai medan seperti onroad maupun offroad. Mesinnya ditawarkan dalam dua pilihan yakni bensin dan diesel. Namun seiring berjalannya waktu, mobil ini banyak menemui masalah sehingga terpaksa stop produksi dan berganti generasi.

Generasi kedua Kia Sportage melahap platform Hyundai Tucson yang merupakan sister company. Namun untuk generasi ini, Sportage lebih kemayu karena kemampuan offroadnya dikurangi dan mesinnya hanya menggunakan varian bensin.
KIa Sportage

Lalu pada 2010, lahirlah Sportage generasi ketiga dan ditawarkan untuk pasar Asia dan Eropa. Kendaraan ini ditawarkan untuk pasar Amerika Serikat dan Australia menyusul kemudian.

Pada generasi ketiga, Kia Sportage sudah jauh lebih modern. Mobil jenis SUV ini sudah menganut bahasa desain khas Eropa, sehingga cukup bisa diterima di benua biru tersebut.

Disebut modern karena Sportage terbaru sudah menggunakan penggerak empat-roda (AWD). Mesin yang ditawarkan kepada konsumen juga cukup beragam yakni 1.6L, 2.0L, 2.4L untuk varian bensin. Sementara pada diesel tersedia pilihan 1.7L dan 2.0L turbodiesel.

Kia Sportage generasi ketiga dipasarkan cukup lengkap fitur-fiturnya. Selain itu, fitur keselamatannya juga cukup lengkap sehingga cukup digemari oleh konsumen di Eropa yang sangat peduli tentang fitur keselamatan.

Pada generasi ini, diketahui beberapa masalah yang cukup sering dikeluhkan adalah suspensi yang keras. Selain itu juga kerap muncul bunyi-bunyian yang biasanya muncul dari bushing arm kendaraan.

Pada 2015, Kia memperkenalkan Sportage generasi keempat. Model ini juga bisa ditemui di Indonesia. Kali ini fitur yang diusungnya lebih lengkap bahkan meninggalkan saudaranya yakni Tucson.
Kia Sportage Bekas

Kia Sportage generasi keempat ditawarkan dengan pilihan mesin bensin 2.0L MPI yang dipercaya mampu menghembuskan daya maksimum 158 ps. Sementara torsi puncak dari kendaraan ini mencapai 192 Nm. Kia Sportage menawarkan pilihan penggerak empat roda (AWD), sementara Tucson tidak.

Bicara harga, SUV tersebut dipasarkan dengan banderol cukup kompetitif yakni mulai dari Rp 387 – Rp 475.5 juta. Sedangkan Hyundai Tucson di Indonesia dipasarkan mulai dari Rp 385 hingga Rp 458 juta. Adapun Honda CR-V yang juga merupakan pesaingnya diniagakan mulai dari Rp 466 hingga Rp 506 juta.

Nasib Kia Sportage di Indonesia sebenarnya tidak terlalu beruntung. Berbeda dengan di negara-negara di Eropa yang menganggap SUV tersebut merupakan salah satu kendaraan idaman.

Di Indonesia calon konsumennya lebih banyak memilih mobil buatan Jepang. Alasannya sederhana karena sudah ada puluhan tahun di sini, jumlah bengkel cukup banyak dan yang paling penting adalah ketersediaan spareparts.

Sebagai SUV medium bermesin bensin, penjualan Kia Sportage kalah dibandingkan saudaranya yaitu Hyundai Tucson. Bahkan jika dibandingkan dengan Honda CR-V, dua SUV asal Korea Selatan tersebut tidak ada apa-apanya.

Karena penjualannya seret, sejalan dengan harga jualnya yang sangat jatuh. Hal inilah yang membuat orang merasa sungkan untuk membelinya.

Kelebihan dan Kekurangan Kia Sportage

Setiap kendaraan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tidak terkecuali Kia Sportage yang sedang kita bahas saat ini. Sebelum meminang Kia Sportage, ada baiknya kalian membaca penjelasan di bawah ini.

Kelebihan

  • Desain yang gagah
  • Eksterior berfitur modern
  • Kapasitas kabin yang luas
  • Material interior yang sangat baik
  • Kapasitas bagasi luas
  • Mesin responsif
  • Irit bahan bakar

Kekurangan

  • Jaringan service yang tidak selalu ada di setiap daerah
  • Spare part jarang ditemukan
  • Suspensi yang keras
  • Harga jual bekas akan cepat turun

Harga Kia Sportage Bekas

SUV asal negeri Ginseng yang generasi ketiga cukup banyak dicari oleh konsumen di Indonesia. Harga untuk Kia Sportage bekas generasi ketiga sendiri sudah cukup murah, setidaknya dengan harga mirip LCGC, konsumen sudah bisa mendapatkan SUV bertabur fitur.

Berdasarkan laman pencarian mobil bekas Mobil123.com, harga termurah Kia Sportage generasi ketiga ditawarkan mulai dari Rp 140 juta hingga Rp 165 jutaan. Terdapat belasan unit yang bisa Anda pilih untuk menemani keseharian sesuai budget maupun selera.

Kendaraan-kendaraan di atas banyak ditawarkan oleh dealer mobil bekas. Namun ini bukan berarti masalah karena ada pula dealer yang cukup apik membenahi Sportage dagangannya. Jika masih belum yakin, bisa memanfaatkan jasa inspector.

Kia Sportage bekas generasi ketiga juga ada yang ditawarkan oleh penjual pribadi. Meskipun jumlah unit yang ditawarkan tidak terlalu banyak pilihannya. Tercatat hanya dua yang berstatus penjual mobil bekas private.

Pilihan pertama yakni Kia Sportage buatan 2012 2.0 EX yang terletak di Jakarta. Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 145 juta dan masih bisa dinegosiasi.

Diwartakan lebih jauh pada mobil ini adalah sistem audio kendaraan yang telah mengalami upgrade. Disebutkan bahwa mobil ini menggunakan head unit Android khusus Kia yang tidak dipasarkan di Tanah Air. Sementara speakernya 4 unit dan buatan JBL.
Kia Sportage Second

Mobil ini bertransmisi otomatis 5-percepatan dengan mesin 2.000 cc. Jumlah kilometer yang telah ditempuh mobil ini disebutkan di rentang 90 – 95 ribu kilometer. Jika Anda kurang paham mesin, ada baiknya mengajak mekanik untuk memeriksa lebih jauh. Hal ini guna mencegah konsumen maupun penjual merasa dirugikan.

Ada lagi Kia Sportage buatan tahun 2012 2.0 tipe Platinum. Kendaraan ini dipasarkan dengan harga Rp 165 juta. Menariknya mobil ini juga telah mengalami ubahan pada sektor interior yang menyasar kenyamanan berkendara.

Dikatakan bahwa mesin masih bagus, kaki-kaki empuk, ac dingin dan yang paling penting adalah kepemilikan kendaraan pribadi. Disertakan pula ban merupakan produk baru yang masih terpasang.

Mobil ini dikatakan telah disematkan velg racing 18 inci dan bodi-bodi terbilang masih mulus. Pada bagian interiornya terdapat monitor berbasis Android, jok kulit asli. Pemiliknya mengatakan bahwa kendaraan ini siap pakai, namun sayangnya kendaraan ini berada di Banjarmasin, Kalimatan. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar