Keunggulan dan Rasa Teknologi Ninja di Ban Dunlop SP Sport LM 705

Berita Otomotif

Keunggulan dan Rasa Teknologi Ninja di Ban Dunlop SP Sport LM 705

CIKARANG – Ban baru Dunlop, SP Sport LM 705, dilengkapi teknologi yang mereka sebut sebagai ‘Teknologi Shinobi’ alias ‘Teknologi Ninja’. Sebelum meluncur, Dunlop sudah memberitahukan keunggulan dan membiarkan para wartawan, termasuk Mobil123.com, merasakan ban ini sendiri.

SP Sport LM 705 merupakan penerus dari produk sebelumnya yaitu SP Sport LM 704 yang sudah enam tahun dijual di Nusantara. Peluncuran serta penjualannya sang suksesor sendiri baru akan terjadi dua bulan dari sekarang, dengan 32 ukuran dari mulai untuk pelek 14 inci sampai 18 inci.

“LM 705 telah sukses sebelumnya di pasar Jepang, Thailand, dan Taiwan,” ucap Tomonori Shiomi, Sales and Marketing Director PT. Sumi Rubber Indonesia (SRI) pada Kamis (20/2/2020) di Meikarta, Cikarang, Bekasi.

Kubo Hokuto, Tyre Designer Sumitomo Rubber Industries Japan, mengatakan konstruksi SP Sport LM 705 diuji dengan sangat ketat di Eropa dan menghasilkan kinerja tinggi. Produk ini disesuaikan lagi dengan kebutuhan di Indonesia. Ada tiga kelebihan dari ban tersebut.

“Selain memiliki keheningan dan kenyamanan berkendara, SP Sport LM 705 juga memiliki tingkat stabilitas baik,” papar dia.

Dunlop, tambah Bambang Hermanuhadi selaku Training Manager SRI, memberikan istilah ‘Teknologi Shinobi’ pada SP Sport LM 705 karena kemampuan yang produk ini tawarkan. Padanan kata ‘shinobi’ dalam bahasa Indonesia sendiri adalah ‘ninja’.

“Mampu bergerak cepat dan senyap tanpa timbulkan kegaduhan,” tukas dia.

Fitur dan Rasa Teknologi Ninja
Ada tiga fitur utama dalam Teknologi Ninja di ban baru Dunlop, menurut Bambang. Pertama adalah penggunaan pola desain telapak baru dengan jumlah blok lebih banyak sekaligus lebih kecil yang membuat kabin lebih senyap.

Fitur kedua ialah penggunaan profil baru dengan jejak telapak ban lebih membulat. Hasilnya, permukaan ban menyentuh jalan secara bertahap dari tengah terlebih dahulu, lalu berlanjut ke arah luar sehingga mampu menyerap kejutan lebih merata dan meredan getaran dari permukaan jalan.

Kedua fitur ini membuat kebisingan dari jalan ke dalam kabin berkurang 15 persen dibanding SP Sport LM 704.

Fitur ketiga ialah dinding samping ban (side wall) lebih membulat sempurna. Ini membuat ban mampu menyerap kejutan dan getaran lebih baik. Reduksi getaran mampu mencapai 16 persen ketimbang produk pendahulu.

“Tingkat konsumsi BBM pun akhirnya juga bisa lebih maksimal. Mobil bisa 10 persen lebih hemat BBM (dengan cara mengemudi dan kondisi yang sama),” tukas Bambang.

Tak cukup menjelaskan, Dunlop mendaulat rekan-rekan media menjajalnya sendiri. SP Sport LM 705 serta ban kompetitor di satu kelas sama-sama dipasang di Toyota Camry yang melibas trek bergelombang dengan lubang dan rintangan karet, trek beton, serta trek kecepatan tinggi dan zig-zag.

Mobil123.com merasakan memang SP Sport LM 705 sedikit lebih hening dan lebih menyerap getaran ketimbang produk kompetitor. Namun relatif lebih terasa adalah kemampuan ban membuat handling mobil lebih stabil dan sigap di trek zig-zag tanpa ‘ngepot’.

“Harganya sama dengan SP Sport LM 704. Jadi performa jauh lebih tinggi dengan harga sama,” tukas Bambang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar