Keunggulan Aki Asli Pabrikan

Berita Otomotif

Keunggulan Aki Asli Pabrikan

JAKARTA – Aki atau Battery memiliki peran penting pada sebuah kendaraaan, dalam hal ini sepeda motor. Namun sayangnya masih banyak para pemilik motor yang kerap mengabaikan komponen tersebut.

Seperti dikuti oleh Yamaha Indonesia, fungsi utama aki adalah untuk menghasilkan arus listrik untuk kebutuhan starter mesin, lampu-lampu, klakson, speedometer, dan masih banyak lagi. Mengingat pentingnya fungsi aki pada sepeda motor, maka diperlukan perawatan berkala agar performa motor tetap prima.

“Yamaha Indonesia berkomitmen untuk terus menyediakan spare part asli Yamaha agar dapat terus mendukung mobilitas harian konsumen. Salah satunya dengan menyediakan Yamaha Genuine Part seperti aki asli Yamaha yang bisa didapatkan dengan mudah di seluruh jaringan   dealer resmi Yamaha,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public  Relation, YRA & Community PT. Yamaha  Indonesia Motor Mfg.

Adapun beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh aki Yamaha adalah sebagai berikut:

1. Tanpa saluran pembuangan gas (Vent plug)

Aki Yamaha menggunakan bahan grid lead calcium alloys sehingga gas hasil reaksi dapat diubah menjadi cairan. Jadi tidak perlu ada saluran pembuangan gas atau biasa disebut vent plug.

2. Bebas dari kebocoran

Aki Yamaha dilengkapi dengan AGM Separator yang merupakan serat glass mat khusus dengan   daya serap tinggi. Serta khusus tersebut ampuh menyerap seluruh accu zuur (cairan elektrolit), sehingga aman dari kebocoran dan tidak perlu melakukan penambahan air aki.
aki motor

3. Memiliki Katub Pengaman

Penggunaan katup pengaman atau valve pada aki asli Yamaha berfungsi melepas gas bila terjadi kelalaian over charging sehingga mencegah aki menjadi kembung. Selain itu, ada juga komponen ceramic filter yang disematkan pada aki Yamaha, fungsinya menahan sumber api kontak dengan gas dari dalam untuk mencegah terjadinya kecelakaan ledakan.

4. Maintenance Free

Aki Yamaha menggunakan bahan grid lead calcium alloys yang membuatnya tidak mudah soak dan dapat bertahan tanpa perlu di charging selama 3 bulan. karena energi yang tersimpan jauh lebih besar dari aki konvensional.

5. Siap Pakai

Seluruh aki Yamaha sudah bersifat siap pakai karena dalam kondisi fully charged (daya penuh) dan juga telah terisi Accu Zurr. Aki tersebut juga telah menjalani serangkaian Cranking Test (uji starter pada kendaraan) untuk memastikan dalam kondisi baik ketika sampai ketangan konsumen. [Dew/Had]

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar