Rio Haryanto Langsung Bayar Kontan Toyota C-HR Hybrid

Berita Otomotif

Rio Haryanto Langsung Bayar Kontan Toyota C-HR Hybrid

JAKARTA - Pembalap Indonesia yang sudah pernah mencicipi ajang Formula One (F1), Rio Haryanto, ternyata menjadi salah satu konsumen Toyota C-HR hybrid. Ia membeli secara tunai mobil terbaru Toyota seharga setengah miliar rupiah ini.

Rio diklaim Toyota sebagai konsumen pertama C-HR hybrid, yang meluncur secara resmi pada Senin (23/4/2019) di Jakarta. Pembalap berusia 26 tahun itu sendiri mengaku sudah inden selama setengah tahun hingga saat ini.

“Masih proses, masih mengurus dokumen-dokumennya. Saya pesan warna putih karena suka saja dengan warna itu,” tandas dia usai seremoni peluncuran.

C-HR hybrid dijual di Tanah Air dengan banderol on-the-road Jakarta Rp 523.350.000 untuk tipe Single Tone dan Rp 524.850.000 untuk tipe Dual Tone. Harga itu masih mungkin turun setelah insentif pajak mobil ramah lingkungan di regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) terbit.

Untuk membelinya, Rio tidak menggunakan fasilitas kredit.

“Saya beli tunai,” ujar anak pengusaha Sinyo Haryanto ini malu-malu.

Alasan Membeli
Rio sendiri merupakan ambassador bagi Toyota Hybrid di Indonesia. Namun, ia menerangkan bahwa bukan itulah alasan dia membeli C-HR hybrid.

Menurut pembalap F1 musim 2016 untuk Tim Manor Racing ini, C-HR hybrid punya bodi compact. Dimensi yang tak terlampau besar penting karena mobil ini akan dia pakai untuk aktivitas di Jakarta.

Kemudian, efisiensi bahan bakarnya juga sangat irit. Di sisi lain, lalu lintas Jakarta sangat macet.

Sebagai informasi, konsumsi BBM C-HR hybrid diklaim lebih hemat 62 persen dibandingkan versi mesin bensin 1.8-liter. Angkanya mencapai 24 km/liter (kombinasi) berdasarkan internal Toyota.

C-HR hybrid memadukan mesin bensin konvensional dengan baterai dan motor listrik. Mesin konvensionalnya berkode 2ZR-FXE dengan kapasitas 1.8-liter dengan tenaga 139hp dan torsi 141 Nm. Sementara, motor listriknya berdaya 35,5 hp. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT 7-percepatan.

“Saya juga sangat sensitif terhadap kapasitas bagasi dan mobil ini kapasitas bagasinya sangat bagus,” tandas dia.

Sebagai ambassador untuk Toyota Hybrid di negeri ini, Rio tentunya pernah menjajal C-HR hybrid. Ia menilai bahwa selain irit BBM, kabinnya juga sunyi.

Tenaga crossover ramah lingkungan satu ini pun cukup agresif.

“Selain itu ada pengembangan dari sasis TNGA yang cukup kaku. Saya merasa mobil ini sudah mirip dengan manufacturer di Eropa. Jadi secara konstruksi sasis cukup agresif dan cukup kuat. Saya juga merasa nyaman dan dilengkapi dengan aspek keselamatan mobil yang tinggi,” ujarnya.

Bicara fitur keselamatan, C-HR hybrid dilengkapi dengan Impact Absorbing Structure, ada 7 SRS Airbag, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Traction Control, sistem pengereman ABS+EBD+BA, Electric Parking Brake dan Auto Brake Hold. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support