Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Keren! Modifikasi Honda Jazz Gaya Street Racing yang Kental Nuansa Balap

Panduan Pembeli

Keren! Modifikasi Honda Jazz Gaya Street Racing yang Kental Nuansa Balap

Modifikasi Honda Jazz bisa dilakukan dengan mengacu pada berbagai aliran. Salah satunya ialah aliran Street Racing yang bernuansa balap.

Di pasar Indonesia, Honda dikenal sebagai merek yang menampilkan mobil-mobil berdesain sporti. Tak terkecuali Honda Jazz, khususnya pada model generasi kedua (2008-2013) dan ketiga (2014-2019) yang sudah memiliki varian RS (Road Sailing).

Namun, tampilan Honda Jazz masih bisa dibuat lebih sporti lagi. Caranya tentu saja dengan memodifikasi berbagai sektor agar secara keseluruhan model tersebut lebih memiliki ‘aura’ sebuah mobil balap.

Honda Jazz modifikasi balap

Honda Jazz sendiri, sayangnya, sudah tak lagi dijual di pasar Indonesia sejak 2021. Alasannya adalah karena model generasi keempat yang menjalani debut global di Jepang dalam ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019 dinilai kurang sporti untuk para konsumen Indonesia.

Peran Honda Jazz, sejak sekitar tiga tahun lalu, sudah digantikan oleh Honda City Hatchback RS. Kisah sukses Honda Jazz di pasar Indonesia selama sekitar 17 tahun pun akhirnya berakhir.

Padahal, Honda Jazz sudah menjadi salah satu model ikonik dari merek tersebut di Tanah Air, sejak pertama kali dipasarkan pada 2004. Bahkan, mulai generasi ketiga, model ini tidak lagi diimpor utuh (completely built up/CBU) dari Thailand, melainkan dirakit lokal di pabrik Honda Karawang, Jawa Barat.

Saat ini, unit-unit seken Honda Jazz masih dicari-cari di pasar mobil bekas.

Ketika artikel ini dinaikkan, rentang harga Honda Jazz bekas berkisar dari Rp60 jutaan untuk model generasi pertama (2004-2007) sampai Rp280 jutaan untuk model generasi ketiga.

Lantas, bagian-bagian apa saja yang bisa dimodifikasi agar Honda Jazz Anda bisa lebih bernuansa balap? Mari ikuti ulasan lengkapnya berikut ini!

Honda Jazz Modifikasi Balap: Mengenal Aliran Street Racing

Honda Jazz modifikasi balap

Sebelum memodifikasi Honda Jazz, Anda perlu memutuskan terlebih dahulu aliran apa yang akan Anda pilih. Kalau Anda menggemari gaya-gaya mobil balap, aliran Street Racing adalah pilihan yang paling tepat.

Street Racing, menurut penelusuran Mobil123.com dari laman daring HRS Wheels, adalah aliran modifikasi yang bertujuan untuk membuat sebuah mobil terlihat atau terkesan seperti sebuah mobil balap.

Meski demikian, aspek kenyamanan dalam aliran tersebut juga masih menjadi perhatian, sehingga mobil masih bisa digunakan untuk aktivitas harian. Hal inilah yang membedakannya dengan modifikasi beraliran Racing yang tidak mengindahkan aspek kenyamanan dan lebih berorientasi pada performa.

Aliran modifikasi Street Racing secara umum terbagi ke dalam lima sektor. Ada sektor eksterior, interior, sistem audio, mesin, dan juga undercarriage.

Tenang saja, Anda tidak perlu mengubah kelima sektor tersebut untuk mengikuti aliran Street Racing. Tidak sedikit pemilik mobil yang mengubah bagian eksterior saja.

Modifikasi beraliran Street Racing konon digemari oleh orang-orang yang berjiwa muda atau mencintai kecepatan.

Honda Jazz sendiri merupakan salah satu ‘kanvas’ yang tepat untuk modifikasi balap ala Street Racing, dengan tampilannya yang secara natural sudah sporti.

Bagian Apa Saja yang Bisa Diubah untuk Modifikasi Honda Jazz Bergaya Balap?

Honda Jazz modifikasi balap

Setelah mengenal aliran Street Racing, sekarang saatnya mencari inspirasi mengenai bagian apa saja dari Honda Jazz yang bisa dimodifikasi agar tampil layaknya sebuah mobil balap. Berikut adalah contoh-contohnya, menurut penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber.

Cutting Sticker dan Body Kit

Jika budget (anggaran) yang dimiliki terbilang minim, Honda Jazz Anda bisa dimodifikasi dengan menempelkan cutting sticker yang ‘beraura’ balap pada beragam sisi bodi. Salah satu contohnya adalah memasang cutting sticker bermotif serat karbon.

Akan lebih bagus lagi jika Honda Jazz Anda dimodifikasi dengan memasang body kit bergaya balap. Misalnya menambahkan spoiler depan, side skirt, spoiler belakang, diffuser, atau mud flap.

Akan tetapi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan modifikator berpengalaman untuk melakukannya agar komponen-komponen tersebut tidak membuat aerodinamika mobil terganggu. Sebaliknya, jika dilakukan secara benar, modifikasi body kit bisa memperbaiki hambatan udara maupun gaya tekan ke bawah (downforce) pada Honda Jazz Anda.

Pelek

Anda juga bisa mengganti pelek Honda Jazz standar dengan produk-produk dari bermacam merek aftermarket. Biasanya, merek-merek itu juga menyediakan varian pelek berdesain racing look (terlihat seperti mobil balap).

Kalau ingin terlihat lebih gagah, Anda bisa mempertimbangkan untuk memperbesar ukuran pelek yang terpasang pada Honda Jazz Anda. Akan tetapi, patut diketahui sebelumnya bahwa perubahan ukuran pelek bakal berdampak pada kenyamanan berkendara.

Jok Kursi, Setir

Modifikasi Honda Jazz bergaya balap juga bisa menyentuh bagian interior. Jok kursi standar bisa Anda copot dan ganti dengan jok racing berdesain semi-bucket atau bucket.

Lalu, lingkar kemudi berdesain racing dari merek-merek aftermarket bisa Anda beli untuk menggantikan setir bawaan pabrik.

Komponen-Komponen Aftermarket Penambah Performa

Kalau budget Anda amat berlebih, Honda Jazz Anda bisa dimodifikasi agar tak hanya terlihat seperti mobil balap, tapi juga memiliki performa yang lebih gahar. Peningkatannya bisa terjadi dari berbagai sektor.

Misalnya saja penyetelan kembali mesin, penggantian kaki-kaki, penggantian sistem pengereman, penggantian komponen bodi, penggunaan crossbar pada kabin, maupun penggunaan strutbar pada ruang mesin. Banyak sekali komponen beperforma tinggi dari aftermarket yang bisa Anda pilih.

Agar hasilnya lebih maksimal, libatkanlah para ahli yang sudah biasa memodifikasi sektor performa. Hal lain yang mesti dicermati, budget untuk modifikasi performa mobil bisa luar biasa besar.

Kesimpulan

Honda Jazz modifikasi balap

Honda Jazz merupakan salah satu model yang sangat pas untuk dimodifikasi menjadi seperti mobil balap. Soalnya, desain standar hatchback ini saja sudah sangat mendukung untuk melakukan itu.

Sang jenama sangat peduli dengan citra desain sporti Honda Jazz di pasar Indonesia, sampai-sampai penjualannya di sini mereka dihentikan sejak 2021 karena desain model generasi terbarunya dianggap kurang garang.

Modifikasi bergaya balap pada Honda Jazz bisa dilakukan dengan mengikuti aliran Street Racing. Tak perlu budget yang amat besar untuk melakukannya karena dengan cutting sticker saja sebenarnya Anda sudah bisa membuat model tersebut terlihat lebih sporti.

Namun, semakin besar budget Anda, semakin banyak pula aspek dari Honda Jazz yang bisa dimodifikasi agar lebih mendekati tampilan atau performa sebuah mobil balap.

Modifikasi Honda Jazz bernuasa balap dapat memberikan pengalaman berkendara mengesankan yang menggabungkan performa tinggi serta desain menawan.

Dengan memperhatikan aspek-aspek modifikasi seperti desain eksterior, interior, mesin, suspensi, dan keselamatan, penggemar otomotif dapat menciptakan sebuah kendaraan yang unik dan menarik perhatian para pengguna jalan lainnya.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berkendara yang luar biasa, modifikasi Honda Jazz bergaya balap dapat menjadi pilihan yang menarik.

Satu hal yang patut diingat, jangan sampai modifikasi Honda Jazz bergaya balap yang Anda lakukan malah melanggar regulasi lalu lintas atau mengorbankan kenyamanan serta keamanan Anda sendiri. [Xan/YS]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang