Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kepolisian Belum akan Ubah Warna Plat Kendaraan

Berita Otomotif

Kepolisian Belum akan Ubah Warna Plat Kendaraan

JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia menegaskan bahwa pihaknya belum akan melakukan penggantian warna terhadap nomor plat kendaraan.

Hal ini disampaikan oleh Irjen Pol Refdi Andri, Kepala Korps Polisi Lalu Lintas Polri di Jakarta beberapa waktu lalu. Menurutnya, penggantian warna plat nomor baru sebatas wacana yang masih jauh dari pengaplikasian di lapangan.

“Ini kan wacana tapi yang jelas untuk tahun ini belum (diganti). Tahin depan juga belum,” ungkapnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pengubahan warna plat kendaraan dianggap masih belum terlalu penting mengingat saat ini plat kendaraan masih dapat terbaca oleh CCTV dengan baik. Dengan demikian penggantian warna plat dapat dihindari.

“Kita lihat dulu hasil kameranya seperti apa, kalau memang hasil kameranya dengan tangkapan dasar plat hitam baik, dengan kualitas kamera yang ada saya rasa cukup,” ungkapnya.

DKI Jakarta telah menerapkan tilang elektronik yang memanfaatkan teknologi CCTV di beberapa lokasi jalan. Dengan teknologi ini maka setiap pelanggan akan terekam dan surat tilang akan dikirimkan kepada pemilik kendaraan.

Namun sistem penilangan ini dinilai masih memiliki kelemahan. Terutama adalah banyaknya kendaraan yang belum dibalik nama sehingga membuat surat tilang tidak mendapat respon seperti harapan.

Meski demikian, Irjen Pol Refdi Andri menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan program ini dan akan memperluas cakupannya terutama di Jakarta.

“Saat ini pemberlakukan ini baru di dua titik di Jakarta. Kedepannya akan kami tingkatkan lagi,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang