Warna Plat Nomor akan Diubah

Berita Otomotif

Warna Plat Nomor akan Diubah

JAKARTA - Korlantas Polri berencana untuk melakukan pengubahan terhadap warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat nomor kendaraan.

Pengubahan warna plat nomor kendaraan dinilai sangat penting di era yang lebih mengedepankan digitalisasi. Dengan warna yang berubah maka kamera akan lebih mudah untuk menangkap identitas kendaraan bermotor serta dapat membantu dalam hal penyidikan dan identifikasi tindak kejahatan jalanan.

Perubahan TNKB sangat mempunyai pengaruh yang besar pada era digitalisasi saat ini. Terkait hal tersebut. Ini salah satu upaya mewujudkan kamseltibcar lantas dan Kamtibmas dalam upaya optimalisasi penegakan hukum,” ungkap Irjen Pol Drs. Istiono, M.H, Kepala Korps Lalu Lintas Polri.

Ubahan tersebut bahkan dinilai tidak perlu terlalu lama diperbincangkan karena seharusnya tahun ini bisa sudah bisa langsung dilakukan. Hal ini disampaikan Brigjen Pol Halim Pagarra, Dirregident Korlantas Polri.

Perubahan warna pun dinilai tidak akan terlalu rumit. Kepolisian memastikan akan menggunakan warna terang untuk warna dasar TNKB. Hal ini karena Asia maupun di Eropa bahwa lebih dari 80 persen negara di dunia memakai TNKB berwarna terang. Ini juga demi memudahkan penindakan dilapangan.

“Nantinya TNKB perorangan yang berwarna dasar Hitam tulisan Putih akan berubah sebaliknya, yakni dasar Putih dan tulisan Hitam,” ujar Halim

Namun, pelaksanaan tersebut tentunya harus restu dan keputusan dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia. Perlu pertimbangan yang lebih dalam untuk melakukan keputusan ini. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support