Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Semarang Mulai Ujicoba Tilang Elektronik

Berita Otomotif

Semarang Mulai Ujicoba Tilang Elektronik

SEMARANG – Kota Semarang mulai memberlakukan tilang berbasis elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-Tilang) hari ini.

Tilang elektronik memang telah terbukti berhasil menghukum dan membuat masyarakat lebih taat lalu lintas. Namun, belum semua kota di Indonesia menerapkannya. Salah satu kota yang baru saja melalukan ujicobanya adalah Semarang, Jawa Tengah.

“Untuk tahap awal masih sosialisasi,” tegas Kombes Pol.Rudy Antariksawan, Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah di Semarang.

Setidaknya akan ada dua titik CCTV yang dipasang pada tahap uji coba ini yaitu di Jalan Pandanaran, Kota Semarang. Dua kamera tersebut langsung terhubung ke Regional Traffic Management Center (RTMC) Polda Jawa Tengah.

Ia menjelaskan sistem akan secara otomatis mendeteksi pelanggaran serta identitas kendaraan yang melakukan pelanggaran. Dari tahap awal uji coba, pelanggaran terbanyak masih berkaitan dengan penggunaan sabuk keselamatan oleh pengendara kendaraan roda empat.

Terhadap para pelanggar lalu lintas tersebut, akan dikirimkan surat tilang ke alamat pemilik kendaraan yang tercatat oleh sistem.

“Untuk tahap awal ini, dalam surat yang dikirimkan masih kami beri imbauan untuk mentaati peraturan lalu lintas,” terangnya.

Namun setelah nanti mulai diterapkan, kata dia, dalam surat tilang yang dikirimkan akan tercantum jenis pelanggaran, termasuk potongan gambar kendaraan saat melanggar.

Tilang elektronik di Indonesia memang masih merupakan hal yang baru dan masih terus dikembangkan. Beragam keunggulan tilang elektronik membuat pengembangan terus dilakukan hingga rencananya sejumlah ruas tol akan diawasi dengan CCTV dan tilang elektronik. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang