Kenapa Honda dan Nissan Enggan Rilis Data Penjualan Mobilio serta Livina di GIIAS 2017?

Berita Otomotif

Kenapa Honda dan Nissan Enggan Rilis Data Penjualan Mobilio serta Livina di GIIAS 2017?

JAKARTA - Kelas Small MPV kembali jadi primadona penjualan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), sayang Honda dan Nissan enggan memberikan data penjualan lengkapnya termasuk jumlah SPK Honda Mobilio dan Nissan Livina.

GIIAS 2017 resmi berakhir pada 20 Agustus 2017 dan membukukan penjualan kendaraan hingga lebih dari 21 ribu unit mobil. Seperti kita ketahui bersama, magnet penjualan tahun ini dicetak oleh pendatang baru dikelas small MPV Mitsubishi Xpander.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) merilis resmi bahwa telah terbit 5.281 unit Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk Mitsubishi Xpander selama GIIAS 2017 berlangsung. Angka ini otomatis membuat Mitsubishi Xpander menjadi small MPV paling laris pada pameran tahun ini dengan total SPK keseluruhan 6.374.

Posisi kedua penjualan small MPV terbanyak di GIIAS 2017 diraih Toyota Avanza. Menurut data resmi yang dirilis PT Toyota Astra Motor (TAM), sang raja di kelas small MPV ini dipesan sebanyak 2.193 unit. Toyota total mencetak 7.136 SPK.

Posisi selanjutnya diraih oleh Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengumumkan bahwa Suzuki Ertiga dipesan sebanyak 296 unit sementara PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengeluarkan data pemesanan Daihatsu Xenia 190 unit. Suzuki sendiri mencetak 945 SPK sementara Daihatsu 778.

Lalu bagaimana dengan penjualan Honda Mobilio dan Nissan Livina di GIIAS 2017?

PT Honda Prospect Motor (HPM) hanya merilis total penjualan mereka sepanjang GIIAS 2017. Honda tercatat menerbitkan 5.545 SPK.

"Untuk penjualan GIIAS 2017, kita gak ada breakdown per modelnya," ujar salah satu staf Public Relation HPM kepada Mobil123.com.

Sementara Nissan Motor Indonesia (NMI) sampai berita ini diturunkan belum memberikan informasi soal pencapaian mereka di GIIAS 2017. Mobil123.com sudah menghubungi pihak NMI namun mereka mengaku masih dalam proses mengumpulkan data.

Jujur saja, apa yang dilakukan HPM dan NMI cukup mengundang tanya. Karena pada tahun-tahun sebelumnya hampir seluruh Agen Pemegang Merek (APM) langsung merilis pencapaian mereka di pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara ini. Terlebih HPM yang rajin mengirim data penjualan detail tiap modelnya per bulan.  

Pertanyaan, apakah penjualan keduanya kurang baik di tahun ini, khususnya penjualan model andalan mereka di kelas small MPV  yang menjadi primadona penjualan di Indonesia ? Padahal baik Honda Mobilio maupun Nissan Livina ditawarkan dengan promo menarik sepanjang GIIAS 2017.  

Catatan lainnya dibukukan oleh pabrikan baru asal China, PT Wuling Motors. Dalam keterangan resminya telah dirilis bahwa satu-satunya produk mereka saat ini Wuling Confero telah dipesan sebanyak 624 unit

Pencapaian Wuling Confero patut diapresiasi karena hanya ditawarkan dalam satu varian dengan transmisi manual. Untuk diketahui, jika melihat data Mitsubishi Xpander, sebanyak 80 persen pemesan memilih transmisi otomatis. 

Jadi bisa juga diasumsikan, jika Wuling Confero memiliki varian bertransmisi otomatis bisa saja angka penjualannya akan jauh lebih tinggi. Andai 624 unit pesanan Wuling Confero hanya 20 persen dari total pemesanan, terbayang berapa jumlah penjualan total jika Wuling Confero memiliki transmisi otomatis. Bisa saja lebih besar dari apa yang dicapai Toyota Avanza. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual