Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz, Hatchback Mungil Tahun 2000-an

Mobil Bekas

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz, Hatchback Mungil Tahun 2000-an

Mengetahui kelebihan dan kekurangan Hyundai Getz bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk membelinya.

Hyundai Getz sempat meramaikan segmen hatchback di Indonesia di era 2000-an. Mobil pabrikan Korea Selatan ini pertama kali masuk pasar Indonesia pada 2003 dan berhenti dipasarkan pada 2009. Perannya digantikan oleh Hyundai i20.

Kehadiran Getz mendahului rekan sekelasnya seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz.

Di awal kedatangannya, Hyundai menawarkan dua varian, yaitu Standard dan Limited Edition.

Hyundai Getz (Foto: Hyundai)

Pada saat itu Getz begitu digandrungi penggemar otomotif di Tanah air, sehingga pada 2004 Hyundai Indonesia memutuskan merakit mobil tersebut secara lokal. Selain karena digemari, Hyundai waktu itu juga ingin menekan harga jual dan pajak dari mobil ini.

Selama kurang lebih enam tahun berada di Tanah Air, Getz sudah mendapat dua kali penyegaran. Pertama pada 2005 dan penyegaran kedua sekaligus terakhir terjadi pada 2007.

Menariknya pada penyegaran terakhir, Hyundai Getz  diniagakan dalam dua versi, lima pintu dan tiga pintu. Bentuknya juga terlihat unik dan sporty.

Penghentian produksi dan penjualan Getz di Indonesia pada 2009 karena beberapa alasan, sehingga yang tersisa saat ini hanyalah versi bekasnya.

Di listing mobil bekas Mobil123.com, Hyundai Getz bekas yang paling murah merupakan keluaran 2004, dijual dengan banderol mulai dari Rp56 juta. Sedangkan produksi tahun yang paling anyar yakni 2007 seharga Rp140 juta.

Jika tertarik dengan Getz versi bekas, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangannya yang akan diulas di bawah ini.

Kelebihan Hyundai Getz

  • Ruang Kabin Lega

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Hyundai Getz dibilang sebagai mobil mungil dengan dimensi panjang 3.810 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.495 mm, dan jarak poros roda 2.445 mm.

Meskipun ukurannya kecil, ruang kabin mobil ini bisa dikatakan lega, sehingga terasa nyaman untuk dikendarai.

Tentunya kenyamanan ruang kabin mobil ini menjadi satu keunggulan yang dimiliki Getz, sesuai dengan kebutuhan masyarakat perkotaan.

Ditambah lagi, desain eksterior dari Hyundai Getz terkesan sederhana namun tak lekang oleh waktu.

  • Dua Pilihan Mesin

Selain varian lima pintu dan tiga pintu, Hyundai Getz yang ada di Indonesia juga memiliki 2 pilihan mesin,1.3L dan 1.4L.

Untuk mesin 1.3L, tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 81 hp pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 116 Nm pada 3.200 rpm.

Sementara itu, Hyundai Getz dengan mesin 1.4L mampu mengeluarkan tenaga paling tinggi 96 hp pada 6.000 rpm serta torsi puncak 126 Nm pada 3.200 rpm.

Baik mesin 1.3L maupun 1.4L terbilang awet, responsif, dan bisa diandalkan. Ditambah lagi, kedua versi mesin sama-sama didukung oleh sistem transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan serta menggunakan penggerak roda depan.

  • Konsumsi Bahan Bakar Cukup Irit

Berdasarkan beberapa tes yang dilakukan, konsumsi bahan bakar Hyundai Getz terbilang cukup irit dan efisien. Untuk perjalanan dalam kota, penggunaan konsumsi bahan bakar Getz bisa mencapai angka 10 km/liter, sedangkan perjalanan luar kota mencapai 12-13 km/liter.

  • Stabil Saat Kecepatan Tinggi

Hyundai Getz bisa dibilang cukup nyaman ketika dibawa melewati jalan rusak atau berbatu. Getaran dan ayunan yang dirasakan di dalam mobil ini tidak terlalu mengganggu.

Ditambah lagi, kestabilan ketika mobil dibawa dalam kecepatan tinggi atau berbelok-belok masih mumpuni.

Kenyamanan dalam perjalanan semakin terjaga dengan adanya suspensi McPherson Strut independen dibagian roda depan dan torsion beam pada roda belakang.

  • Harga Suku Cadang Terjangkau

Meskipun Hyundai Getz sudah tidak diproduksi lagi di Indonesia, suku cadangnya masih terbilang mudah untuk ditemui, baik itu di kota-kota besar atau daerah kecil.

Selain itu, kisaran harga yang ditawarkan untuk suku cadang tersebut relatif cukup murah dan tidak merogoh kocek yang terlalu dalam.

  • Fitur Modern

Fitur-fitur yang disematkan pada Hyundai Getz terbilang modern dan canggih pada masanya. Sebut saja sunroof, sensor parkir, ABS, dan juga spion elektrik.

Fitur-fitur tersebut jarang ditemui pada mobil-mobil di era 2000-an, karena itu juga, harga versi bekas dari mobil Getz saat ini cukup stabil.

Kekurangan Hyundai Getz

  • Desain Dasbor Ketinggalan Zaman

Beberapa orang menilai bahwa bentuk dari dasbor Hyundai Getz ketinggalan zaman.

Desainnya terbilang terlalu kaku, kotak, dan simpel. Pengaturan AC masih menggunakan knob, dan sistem infotainmentnya juga berbentuk kotak dan kaku layaknya mobil jadul.

Dari segi bahan dasar yang digunakan pada dasbor juga terbilang murahan. Misalkan, saat mobil dibawa melewati jalan rusak, terkadang timbul bunyi-bunyi berisik dari bagian tersebut.

  • Transmisi Otomatis Kurang Responsif

Sebelumnya pada bagian mesin Hyundai Getz memiliki nilai positif dengan adanya dua pilihan, serta konsumsi bahan bakarnya yang cukup irit. Namun untuk transmisinya, terutama transmisi otomatis, kurang responsif.

Akselerasi dan tarikan mobil ini diklaim terlalu berat menurut testimoni beberapa pemiliknya. Sama halnya pada varian transmisi manual. Beberapa sumber menyatakan akselerasi pada posisi gir 3 terasa kurang cepat.

  • Kaki-kaki Bagian Depan Bermasalah

Melihat umur Hyundai Getz sekarang sudah cukup tua, maka tidak dapat dipungkiri beberapa masalah akan timbul.

Masalah yang sering ditemukan pada mobil yang tua ini terdapat pada kaki-kaki bagian depan. Saat mobil dikendarai, terkadang muncul suara-suara aneh pada bagian tersebut.

Faktor pemakaian yang kasar juga bisa berpengaruh terhadap kondisi kaki-kaki depan ini. Jadi, bagi yang berminat membeli Getz bekas perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu supaya bisa menghindari perbaikan yang mengeluarkan biaya lebih.

Hyundai Getz (Foto: Hyundai)

  • Kendala yang Timbul Saat Overheat

Satu lagi kelemahan dari Hyundai Getz adalah kendala yang muncul ketika mesin mengalami overheat.

Kebanyakan pada varian transmisi otomatis, mesin yang panas akan men-trigger sensor sinyal yang membuat transmisi menjadi terkunci.

Padahal bisa jadi mesin belum terlalu panas namun sensor tetap menyala. Lagi-lagi ini dikarenakan umur mobil yang sudah tua, software pengaturan mesin juga sudah termakan usia.

Salah satu cara untuk menangkal kendala ini adalah dengan menjaga kondisi saluran pendingin air dan menggunakan cairan khusus, agar mesin tidak mudah panas atau berkarat.

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan Hyundai Getz. Versi bekas dari mobil ini sebenarnya sangat oke untuk dibeli, terutama karena harga bekasnya yang stabil serta ketersediaan suku cadangnya. Meskipun begitu, calon pembeli perlu berhati-hati dalam memilih Getz bekas dengan melakukan pengecekan serta test drive sebelum membeli. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil bekas <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang