Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hati-hati Beli Ford Fiesta Bekas, Cuma Cocok buat Pehobi Mobil

Mobil Bekas

Hati-hati Beli Ford Fiesta Bekas, Cuma Cocok buat Pehobi Mobil

Banyak yang bilang punya Ford Fiesta bekas itu mahal dan rewel. Padahal kalau kita merawat dengan baik, sebenarnya mobil ini adalah mobil yang tidak rewel.

Kali ini Mobil123 mau bahas Ford Fiesta bekas, ini adalah mobil yang sangat kami rekomendasikan buat kalian yang suka mobil fun to drive, tapi harga terjangkau. Bagi kalian yang mengerti mobil dan suka merawat mobil, tapi kalau kalian pakai mobil ini cuma mau pakai saja, tidak mau dirawat sebaiknya hindari mobil ini.

Kenapa? karena kita akan bahas di artikel ini. Banyak yang bilang punya Ford itu mahal dan rewel. Padahal kalau kita merawat dengan baik, mobil ini adalah mobil yang tidak rewel sebenarnya. Kedua juga spare part-nya tidak mahal kecuali untuk transmisi.

Varian Mobil Bekas Ford Fiesta

ford fiesta 2011

Kali ini kami bahas secara spesifik Ford Fiesta yang model 1.600cc yang pre facelift atau sebelum facelift. Mobil ini kalau kita cari di pasar mobil bekasnya, rata-rata harganya sudah di bawah Rp100 jutaan semua. Untuk harga Rp100 jutaan ke bawah, kita mendapatkan sebuah mobil yang luar biasa, tentu banyak fitur dan nyaman sekali dipakainya

Ada dua jenis mesin yang 1.400cc dan 1.600cc, kebutuhan yang 1.600cc yang bertenaga 120 PS dan torsi nya 150 Nm, lebih besar dibandingkan dengan Jazz atau Yaris. Kemudian yang 1.400cc, tenaganya 95 PS dan torsi nya 120 Nm, yaitu versi yang lebih murah.

Mobil ini punya transmisi belum pakai dual clutch transmission, jadi tidak ada masalah. Untuk yang varian facelift yang bentuknya dikasih mesin 1.500cc, tenaganya tidak sebesar ini.

Hal yang paling kami suka adalah mesin 1.000cc Eco Boost.  Mesin yang lebih kecil yaitu, 1.000cc tapi dikasih turbo tenaga jadi 125PS lebih dari ini dan torsinya 170 Nm, lebih kencang.

Penyakit Ford Fiesta Bekas

ford fiesta 2011-1

Nah ini mesinnya awet jujur saja, kecuali kalau kalian tidak rawat. Kalai cooling system-nya tidak beres dan overheat, kalian mesti turun mesin. Ya semua mobil kalau kepanasan pasti bubar, karena musuh dari mesin adalah panas.

Di sini perlu ada extra fan atau kipas tambahan. Alat ini harus dimiliki oleh rata-rata mobil yang sudah menempuh jarak lebih dari 100.000 Km. Jarak sejauh itu tentu dinilai bahwa mobil sudah mulai berumur.

Apalagi kalau mobilnya sering dipakai macet-macetan, karena macet itu itu tambah waktu mesin menyala, tapi tidak nambah kilometer.

Jadi kalau misalkan sudah lumayan tua mobilnya, perlu diadopsi kipas tambahan. Selain extra fan, radiator juga jadi suku cadang yang sangat sensitif untuk airnya.

Kalau kita pakai air radiator yang bukan spesifikasinya Ford, itu bisa bikin system pedinginnya bubar. Jadi kalau tidak pakai air radiator yang mahal, atau sudah mulai agak berkurang, jangan isi pakai air sembarangan.

Pakai air radiator khusus sport atau yang sesuai spesifikasinya. Ketiga, direkomendasikan oleh Ford pada sisi mesin adalah sisi water pump-nya. Ada ciri-cirinya kalau water pump bermasalah, jika air radiator sudah mulai kurang, sama seperti mobil VW tua, jadi semakin tua akan semakin gampang rembes atau bocor-bocor.

Nah harga water pump ini agak sedikit mahal. Kemudian mobil Ford itu punya aki yang benar-benar harus dijaga. Jangan tunggu soak, baru diganti. Kalau misalkan sudah mulai staternya berat, coba cek pakai voltmeter. Jika voltasenya sudah dibawah 12 ampere, lebih baik segera ganti.

Gantinya juga yang spesifikasinya sama yaitu, 12 volt 62 ampere. Aki ini pasti harganya mahal dan jangan pakai yang di bawahnya, karena kalau misalkan kelistrikannya ini tidak sesuai, itu bisa menghancurkan sistem elektroniknya.

Untuk mencari suku cadang Ford Fiesta, sebenernya sekarang zamannya online, ya kita bisa cari sparepart secara online. Sebagai contoh, harga kaki-kaki Ford Fiesta itu kurang lebih sama kayak Jazz atau Yaris.

Menurut orang-orang yang sudah pakai mobil ini, durabilitasnya kurang lebih sama, rata-rata kaki-kaki mobil lain, selalu minta jajan itu di atas 50 km. Itu tergantung dari bagaimana kalian cara bawanya, dan yang kedua jalan yang kalian lewati, semakin sering kalian lewatin lubang jalan rusak, apalagi dihajar dengan kecepatan tinggi, otomatis yang usia kaki itu semakin pendek.

Mobil ini spare part-nya untuk kaki-kaki itu mirip kayak Mazda2, memang secara basis mobil ini punya basis yang sama dengan Mazda2 non Skyactiv.

Jika kalian beli Ford Fiesta, harus peduli dengan mobil ini. Jangan cuma asal pakai karena Fiesta ini tidak seperti mobil-mobil Jepang. Kalau kita rawat dengan benar, dia akan sama awetnya seperti mobil-mobil Jepang.

Desain Ford Fiesta Bekas masih Modern

ford fiesta 2011 netshowdotcom

Sekarang kita berbicara soal desainnya, kendati mobil ini sudah lumayan lama, tapi desainnya masih sama dengan Mazda2 SkyActive, Yaris, dan yang terbaru sama dengan Civic hatchback.

Masih kelihatan ganteng, paling yang kurang itu di bagian lampunya, karena Fiesta belum pakai projector. Ford Fiesta tidak seperti mobil zaman sekarang yang ukurannya besar interior yang lega. Fiesta bodinya sangat kompak dan interiornya kecil, tidak sebesar mobil-mobil hatchback zaman sekarang.

Desainnya pakai velg 16 inci, dimana velg ini profil ban yang tipis kayak Mazda 2. Untuk ban belakangnya mobil ini belum pakai rem cakram, masih pakai rem tromol. Desain belakangnya, mobil pendek ini punya spoiler belakang.

Kaca belakangnya sudah defogger, ada juga wiper. Kemudian sensor parkirnya ada tiga. Sayangnya mobil ini tidak ada kamera mundur.

Terus bagasinya karena bentuk eksteriornya kecil, maka bagasinya juga tidak begitu besar. Tapi sudah lebih dari cukup, kursi belakangnya juga tidak bisa dilipat rata dengan lantai. Kalau kita lipat, masih ada naik sedikit. Kesimpulannya jika membicarakan kelegaan kabin, mobilnya bukan juaranya.

Kabin Ford Fiesta Bekas 

kabin ford fiesta 2011

Beranjak ke bangku baris keduanya, bangku baris belakangnya memang bukan yang paling lega, tapi cukup. Leg room cukup, lalu adalah versi kursi depan juga legroom yang cukup. Kepala cukup tidak mentok, kursinya agak sedikit tegak dan head rest-nya harus dinaikin agar posisi kepala nyaman.

Fitur pendukung kenyamanan penumpang sepertinya sangat sedikit di mobil ini. Karena mobil ini dibuat untuk pengemudi, bukan buat mobil penumpang.

Masuk ke dalam interiornya, mobil ini sudah cukup lama, hampir 10 tahun tapi interiornya masih terasa modern.

Suara mesinnya seperti suara mesin BMW tua, sedikit kasar tapi tidak ada masalah. Dibandingkan dengan Fiesta versi facelift, dia punya perbedaan di bagian cluster tengahnya. Fiesta teranyar itu pakai ornament warnanya hitam, tapi ini bernuansa silver.

Kualitas audio mobil ini juga punya suara yang bagus. Padahal Fiesta ini tidak pakai head unit yang bermerek, seperti Harman Kardon, Bosse atau JBL.

Fiesta Bekas Tidak Irit Bensin

bbm ford fiesta 2011

Mobil ini juga terlihat mahal saat sudah dipakai jalan. Sepertinya Honda Civic hatchback, Honda Jazz, Yaris dan Mazda2 SkyActive kalah sama ini. Mesin 1.500cc nya ini kencang, tarikannya juga tidak lemot.

Tapi untuk mobil sekecil ini, konsumsi bahan bakarnya tidak terlalu irit. Memang mesinnya ini bukan diciptakan untuk irit.

Untuk urusan berkendara, mobil ini lebih baik dibandingkan Mazda 2. Dengan Mazda 2 suspensinya memang sedikit lebih keras. Terutama jika kalian duduk di belakang .

Paling luar biasa dari mobil ini adalah untuk mobil yang kelas harganya segini, peredaman kabinnya bagus. Jadi suara luar bisa diredam, dibandingkan Civic Turbo, Ford Fiesta ini suaranya lebih kedap. Saat menghidupkan musik, kalian tidak perlu upgrade audio.

Kualitas suaranya masih bagus. Kamera mundur tidak ada, kalau kalian mau tambah fitur, rasanya kamera mundur perlu dipasang.

Spesifikasi Ford Fiesta 2011

Mesin

Jenis Mesin

Duratec Ti-VCT 1.6 4 silinder

Isi Silinder

1.600 cc

Bahan Bakar

Pertamax

Sistem Bahan Bakar

Injeksi

Transmisi

6-percepatan otomatis

Torsi Maksimum

152 Nm@4.050 RPM

Daya Maksimum

120 HP@6.000 RPM

Dimensi

Panjang

4358 mm

Lebar

1823 mm

Tinggi

3950 mm

Bobot

1106 kg

Kapasitas Tempat Duduk

5 Orang

Sasis

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Suspensi Depan

Front independent suspension

Sistem Rem Belakang

Ventilated Disc Brake

Sistem Rem Depan

Ventilated Disc Brake

Ukuran Ban Belakang

16” x 6” Alloy Wheels

Ukuran Ban Depan

16” x 6” Alloy Wheels

Kesimpulan

interior ford fiesta 2011

Nah untuk mobil yang ukurannya kecil, biasanya transmisi manualnya itu ringan. Untuk Ford Fiesta ini masih agak sedikit berat. Terus yang kedua, masih soal transmisi, Fiesta transmisinya itu tidak stabil.

Dengan transmisi ini rasanya masih goyang, jadi kalau kita mau sistem cepat itu tidak bisa. Selebihnya tidak ada masalah, jadi Ford Fiesta itu adalah mobil yang menurut kami ini sangat direkomendasikan.

Buat kalian yang petrol head, senang dengan mobil dan bisa merawat mobi ini adalah mobil yang tepat. Tapi kalau kalian senang mobil yang buat dipakai saja, tidak senang merawat, tidak mengerti mobil, itu yang tidak kami rekomendasikan.

Lebih baik cari mobil lain yang tahunnya mungkin lebih muda atau yang lebih mudah dirawatnya. Karena mobil ini ini bisa sangat awet kalau dirawat, tapi kalau tidak dirawat bisa sangat apes, sangat menguras kantong.



Tutus Subronto

Tutus Subronto

Editor

Head of Media Content iCar Asia Indonesia. Email: tutus.subronto@icarasia.com


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang