Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Bekas Mazda 2 Generasi Pertama Pakai Basis Ford Fiesta, tapi Beda Rasa

Mobil Bekas

Mobil Bekas Mazda 2 Generasi Pertama Pakai Basis Ford Fiesta, tapi Beda Rasa

Mengenai Mazda 2 yang bekas ini merupakan pilihan yang tepat, apabila Anda menginginkan hatchback yang sedikit merepotkan dalam hal suku cadang.

Pada review Mobil123 kali ini, kami akan membahas mobil bekas Mazda 2 tipe R tahun 2010. Di pasar mobil bekas, sekarang dihargai Rp90 hingga Rp95 juta nego.

Sebelum membahas detail tentang Mazda 2, mari kita simak sejarah dari Mazda ini di Indonesia. Mazda 2 di Indonesia adalah mobil yang membuat Mazda mulai bersinar lagi ya setelah Mazda Lantis dan Mazda Cronos tahun 1990-an atau Mazda 3 tahun 2000-an dan juga CR7 Yang sepertinya terlalu mahal membuat Mazda semakin menghilang pada era tersebut.

Namun di tahun 2009 hadirlah mobil ini ya harganya pas untuk mobilnya dan desain nya yang diterima Indonesia.

Sejarah Mazda 2 di Indonesia

mazda 2 bekas 2011

Sebenarnya Mazda senang dengan model asbak di tahun 1971 sebut saja Mazda 323 yang lahir di tahun 1977 dengan bentuk yang disukai oleh orang-orang bule di Amerika sehingga pada akhirnya Mazda pun bekerjasama dengan Ford Motor Company di tahun 1979.

Dan di tahun 1980 Mazda mengeluarkan lagi hatchback Mazda 323 generasi kelima dan mewujudkannya menjadi Japan Car of The Year.

Dikembangkan lagi dari tahun ke tahun dan menjadi legenda salah satunya pengembangan platform ini hadir di Indonesia seperti Mazda MR nanti MR90, dan mata Vantrend yang ada di tahun 1990-an memakai platform yang sama dengan Mazda 323 versi tahun 1970.

Ini terbukti efektif untuk keuntungan di Indonesia dengan teknologi yang sederhana, tapi setelah Mazda berevolusi menjadi mobil banyak fitur di akhir tahun 2000-an, nama Mazda agak mulai menghilang karena orang Indonesia belum bisa menerima kecanggihan teknologi Mazda.

Harganya menjadi overpriced dan pada era inilah Mazda ingin membuat mobil hatchback yang lebih murah daripada Mazda 3, dijadikanlah sebuah Mazda yang turun minus 1 angkanya jadi Mazda 2.

Berawal dari Mazda Demio yang hadir di tahun 1996, dengan format minivan menjadi sebuah hatchback dengan desain cantik.

Ditambah fitur-fitur yang bersaing dengan teman-teman Jepangnya, harganya pun murah dan platform yang dipakai yaitu dari Ford Fiesta. Hal ini yang membuat Mazda bersinar kembali di Indonesia.

Di tahun 2014 Mazda to generasi ketiga hadir dan akhirnya berani untuk memasukkan versi SkyActiv nya tampil lebih mewah dan berkelas. Dari sini Mazda 2 mulai naik kelas dan harganya mulai mahal, di tahun 2020 Mazda 2 generasi ketiga di festival dan sampai sekarang belum ada Mazda 2 yang berevolusi lagi.

Desain Eksterior Mazda 2

mazda 2 bekas 2011 belakang

Seperti kita lihat ini Mazda 2 generasi pertama ini memiliki desain dari depan dengan lampu yang macam projector. Bagian yang aneh adalah di bumper depan dan lampu. Jika diamati seperti muka sedang tersenyum.

Senyum dari orang yang hidungnya kecil dan mulutnya terlalu lebar.Dari sisi desain, Mazda 2 ini sekilas mirip Brio. Perbedaan mendasar adalah Mazda 2 ini kaya dengan lekukan, terutama di bagian siluet dari depan hingga ke belakang.

Dengan headlamp yang besar, jika dilihat disini juga ada halogennya, lampu seinnya di bagian sebelah sini dan ini masih agak-agak sederhana sekali. Posisinya bukan di spion, tapi di bagian bodi, masih di bagian overfender yang besar, dan ada fog lamp-nya.

Bumper ada aksen yang membuat terlihat lebih sporti. Secara keseluruhan bagian depannya, Mazda 2 itu kayak yang bulat-bulat, di bagian belakangnya bulat, tapi bagian depannya seperti digeprek jadi agak sedikit gepeng.

Dimensi Mazda 2 Bekas

Mobil ini dia punya dimensi yang kompak, panjangnya hanya 4 meter saja, sedangkan lebarnya 1,7 m dan tingginya adalah 1,4 m.

Ukuran ini rata-rata dengan mobil-mobil seperti Jazz dan Yaris. Spionnya two tone, tapi ini untungnya velg-nya keren. Walaupun pakai ring 16, dengan profil ban 1950, profilenya tipis sekali tapi memang jadi lebih bagus.

Kemudian rem depannya sudah cakram, dan belakang masih teromol. Bagasinya Mazda 2 tergolong agak lumayan besar, kalau dibandingkan dengan Jazz yang lebih besar.

Di bawahnya bagasi itu ada ban serep, non permanen ya jadi enggak sama dengan perak yang dipakai ini cuman dipakainya sampai 80 Km/jam saja.

Mesin Mazda 2 Bekas

Mesin yang dipakai oleh Mazda 2 cuma satu jenis saja, untuk di Indonesia itu berkapasitas 1.500cc DOHC. Dengan kode MZR, tenaga yang disalurkan ke roda depan, dan transmisi itu ada dua. Ada yang manual dan juga matik 4 percepatan saja.

Mesinnya untuk generasi pertama itu tergolong agak lelet. Karena Mazda 2 generasi pertama masih berteknologi VVTi. Berbeda dengan Mazda 2 generasi selanjutya yang sudah pake Skyactiv.

Interior Mazda 2

interior mazda 2 bekas 2011

Beralih ke bagian interior Mazda 2 tipe R ini kuat dengan nuansa hitam. Semua hitam, mulai joknya dengan kulit berwarna hitam. Power window-nya ada di keempat jendela, auto dan di bagian pengemudi sudah ada elektrik mirror dan retractable.

Masuk ke kabin, joknya juga sudah reclining sliding lengkap, tapi kekurangannya semua jok agak keras. Dapat dipastikan semua cuma interior terlihat mewah. Beralih ke bagian dashboard, di tengahnya ada head unit yang sudah ada pemutar CD-nya, dan sudah bisa memainkan SD card.

Di sini pengaturan juga lengkap, ada navigation, ada tombol climate control sampai ke defogger. Untuk pengaturan sirkulasinya masih manual, dengan cara digeser-geser seperti Toyota Avanza pada zaman itu.

Lalu kita bahas bagian cluster, dengan background warna putih dan ada digitalnya juga. Jadi odometer sudah digital, tripmeter juga ada. Setir Mazda 2 bekas ini juga sudah ada balutan kulit, untuk tipe R sudah ada tombol di setir untuk head unit.

Kalau dari posisi berkendara, Mazda 2 ini lebih baik daripada Honda Jazz. Jika Jazz itu memang karakter sporti sekali, jadi kurang nyaman untuk dipakai sehari-hari. Berbeda dengan Mazda 2, enak dipakai sehari-hari atau diperkotaan cocok sekali.

audio mazda 2 bekas 2011

Pengendalian Mazda 2

Suspensi tidak berbeda jauh dengan yang sekelasnya, agak keras tapi stabilitasnya memang oke. Untuk Mazda 2 itu tergolong lebih empuk daripada Jazz.

Walaupun Mazda 2 punya satu basis dengan Ford Fiesta, tapi mobil ini lebih lentur dalam hal pengendaliannya. Jika Ford Fiesta itu benar-benar kaku.

Mesin dibandingkan Ford Fiesta juga beda, kalau Mazda 2 pakai mesin 1.500cc DOHC. Berbeda sekali dengan yang namanya Ford Fiesta yang 1.600cc.

Meskipun hanya 1.500cc, tapi ini punya racikan Mazda, sehingga Mazda 2 punya 134 horse power dan torsi 137 Nm. Dipadukan dengan transmisi matik yang pas. Transmisi matik 4-speed saja saat dicoba tenaganya dan performanya mirip-mirip dengan manual.

Dari bawah sudah dapet torsinya, kalau untuk Mazda 2, begitu masuk RPM tinggi, itu tenaganya kayak kejam. Untuk mencari kecepatan sebenarnya bukan ada ada di Mazda 2, tapi di Honda Jazz.

Sementara urusan remnya enak untuk Mazda depannya cakram, belakangnya tromol. Sudah ada teknologi ABS, sehingga pengeremannya juga bagus, tapi respons remnya perlu diteken sedikit.

Mesin

Tipe Mazda 2 2011

1,5L L4 DOHC 16 valve

Kapasitas mesin

1500 cc

Jenis bahan bakar

Bensin

Steering wheel adjustment

Tilt steering wheel

Tenaga maksimum (ps/rpm)

100 hp/ 6000 RPM

Torsi maksimum (kg.m/rpm)

135 Nm/ 4000 RPM

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

3950    x 1795   x 1694     mm

Wheelbase

2489 mm

Ground Clereance

130 mm

Kapasitas penumpang

5 Orang

Kaki-Kaki

Ban

185/55R15

Suspensi Depan

Front independent suspension

Suspensi Belakang

Torsion Bar

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Kesimpulan

Harga bekas Mazda 2 saat ini sekitar Rp110-125 jutaan, khususnya untuk Mazda 2 yang tahun 2011 pre facelift. Kesimpulan mengenai Mazda 2 yang bekas ini merupakan pilihan yang tepat, apabila Anda menginginkan hatchback yang sedikit merepotkan dalam hal suku cadang.

Meskipun kualitas berkendaranya baik sedikit, ketimbang mobil Eropa. Lalu, meskipun ini masih mobil Jepang, tapi harga sparepart yang lumayan mahal. Semua itu terbayar apabila Mazda 2 maupun Mazda 2 GT bekas ini dalam kondisi segar dan bugar, karena mobilnya memang nyaman dan enak dipakai untuk sehari-hari.



Tutus Subronto

Tutus Subronto

Editor

Head of Media Content iCar Asia Indonesia. Email: tutus.subronto@icarasia.com


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang