Kapan Valentino Rossi Pensiun? Ini Jawabannya

Berita Otomotif

Kapan Valentino Rossi Pensiun? Ini Jawabannya

JAKARTA – Valentino Rossi masih akan berlaga di MotoGP 2021 sebagai pembalap paling tua dan memiliki target rekor. Pertanyaannya kapan legenda hidup balap motor dunia ini akan pensiun?

Valentino akan berumur 42 tahun pada 16 Februari 2021. Pembalap asal Italia tersebut akan kembali menjadi pembalap paling tua di ajang MotoGP musim ini. Memiliki peran baru sebagai pembalap tim satelit, Ia berharap untuk bisa kembali menorehkan rekor positif tahun ini.

Dengan umur sebanyak itu, rider tim Petronas SRT Yamaha telah memperoleh banyak catatan positif dalam karirnya. Hingga saat ini, Valentino telah mencapai 115 kemenangan selama berkarir di berbagai kejuaraan (GP 125, GP 250 hingga MotoGP). Meskipun telah memiliki banyak pencapaian, dirinya masih ngotot untuk tetap balapan dengan harapan terus mencetak rekor.

Lalu kapan Rossi akan memutuskan untuk pensiun dari ajang balap motor yang membesarkan namanya tersebut? Diketahui bahwa dirinya menambah durasi kontrak dengan Yamaha selama satu tahun. Namun saat ini Ia bertugas sebagai pembalap tim satelit, meskipun tetap menggunakan motor spek pabrikan.

Memulai musim baru, pemilik nomor start 46 ini menargetkan beberapa harapan dan salah satunya adalah rekor kemenangan tentunya. Namun ada satu hal penting lainnya yang menahannya untuk mengambil keputusan pensiun.
Kapan Rossi Pensiun
“Saya ingin mengejar dan mengalahkan rekor 122 kemenangan (Giancomo) Agostini. Setidaknya saya ingin membuatnya sedikit ketakutan (rekornya dipecahkan). Umur hanyalah angka yang seharusnya tidak bisa meniadakan kenyamanan. Selama saya masih bisa bersaing dengan pembalap terdepan, maka saya akan terus membalap,” ucap Valentino seperti dikutip Speedwwek.com.

Valentino bahkan dikatakan oleh sang Ayah yakni Graziano Rossi masih bisa membalap hingga berumur 46 tahun. Sebuah ungkapan yang menjadi suntikan motivasi ekstra untuk si buah hati.

Bicara prestasi, mantan pembalap Ducati ini belum pernah memenangkan balapan sekalipun sejak 2017. Bahkan gelar Juara Dunia MotoGP sendiri terakhir diraihnya pada 2009. Lalu prestasinya mulai menurun, meskipun Ia masih bisa memenangkan balapan di beberapa seri.

Pada MotoGP 2020, Valentino mendapatkan hasil paling buruk semasa karirnya sebagai pembalap profesional. Alih-alih memecahkan rekor, Juara Dunia sembilan kali ini hanya finish di posisi 15 di klasemen akhir. Ia bahkan mengalami gagal finish sebanyak tiga kali dan absen saat dirinya terjangkit virus corona. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar