Mobil123.com
Aplikasi Mobil123
Download Gratis – iCar Asia Limited
7,592

Jokowi Sanjung Toyota dan Mitsubishi di Depan PM Jepang yang Baru

Berita Otomotif

Jokowi Sanjung Toyota dan Mitsubishi di Depan PM Jepang yang Baru

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyanjung perusahaan – perusahaan ‘Negeri Sakura’ yang menambah investasi ketika Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga berkunjung ke Indonesia.

Suga, yang baru terpilih menjadi Perdana Menteri pada September 2020, melakukan kunjungan kerja ke Nusantara pada Selasa (20/10/2020) kemarin. Ia turut ditemani oleh sang istri, Mariko Suga.

Suga lalu disambut oleh Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, dan Ibu Negara Iriana di Istana Kepresidenan Bogor. Di dalam pertemuan bilateral tersebut, Jokowi memuji keputusan korporasi – korporasi Jepang yang melakukan relokasi maupun investasi lanjutan di Tanah Air.


“Saya menyambut baik relokasi dan perluasan investasi perusahaan-perusahaan Jepang ke Indonesia, seperti perusahaan Denso, Sagami, Panasonic, Mitsubishi Chemical, dan Toyota,” ujar dia, seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet.

Sebagai informasi, Toyota adalah salah satu pabrikan mobil terpopuler di Indonesia dan siap berinvestasi sekitar Rp 28 triliun sampai 2023 untuk pengembangan mobil listrik. Adapun Mitsubishi Chemical adalah anak perusahaan Mitsubishi Corporation dan saudara dari pabrikan mobil Mitsubishi Motors Corporation yang salah satu sektor usahanya adalah riset dan pengembangan teknologi di bidang otomotif.

Panasonic juga masih terkait dengan industri otomotif karena mereka pun merupakan produsen baterai mobil listrik. Perusahaan ini dikabarkan berniat membangun pabrik komponen tersebut di Indonesia untuk menyambut insentif pajak bagi kendaraan listrik mulai Oktober 2021.


Indonesia termasuk dalam negara – negara pertama yang Suga kunjungi, sejak menggantikan Shinzo Abe. Negara ini, menurut dia, adalah negara besar di Asia Tenggara (ASEAN).

“Saya merasa sangat senang dapat mengunjungi Indonesia yang merupakan negara besar di ASEAN, dalam lawatan pertama keluar negeri sejak saya menjabat sebagai perdana menteri,” tandas dia.

Secara umum, ada empat agenda yang dibahas dalam pertemuan bilateral antara Jokowi dengan Suga. Pertama adalah kerja sama pengelolaan Covid-19.

Topik kedua ialah pembentukan Travel Corridor Arrangement (TCA) untuk perjalanan bisnis yang penting. Bahasan ketiga mengenai perkuatan kerja sama bidang ekonomi, sementara yang terakhir adalah kemitraan Indonesia – Jepang dalam mengokohkan kerja sama multilateral. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar