Jokowi: Pemerintah Beri Dukungan Moril Rencana Tuan Rumah MotoGP

Berita Otomotif

Jokowi: Pemerintah Beri Dukungan Moril Rencana Tuan Rumah MotoGP

Sentul – Presiden Joko Widodo mengutarakan dukungan moril pemerintah mengenai cita-cita Sirkuit Sentul menjadi tuan rumah MotoGP, sementara dana diserahkan sepenuhnya kepada pihak swasta.

Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, menyempatkan diri mengunjungi Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Selasa (6/3/2018) kemarin. Kunjungan dilakukan setelah dirinya hadir di acara penyerahan 15.000 sertifkat tanah untuk warga Kabupaten Bogor.

Saat berkeliling, ia ditemani antara lain oleh tokoh balap nasional sekaligus pengelola Sirkuit Sentul yakni Tinton  Soeprapto serta Ananda Mikola.

Sembari melihat-lihat, Jokowi menegaskan dukungan terhadap rencana pengelola untuk menghidupkan kembali Sirkuit Sentul dengan menjadikannya tuan rumah MotoGP 2020. Apalagi, pasar sepeda motor di Indonesia sangat besar dan ini menurutnya turut menunjukkan begitu banyaknya penggemar motor, termasuk ajang balapannya.

Sebagai informasi, transaksi jual-beli ‘kuda besi’ sepanjang 2017, menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), mencapai 5.886.103 unit atau turun 0,76 persen dibandingkan setahun sebelumnya yang berjumlah 5.931.285 unit. AISI menargetkan pertumbuhan 1-5 persen, dari 5,9-6,1 juta unit.

“Saya sampaikan, silakan, pemerintah mendukung karena ini bagus sekali olahraga otomotif,” ujar Jokowi seperti dikutip dari laman daring Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Keberhasilan menjadikan Indonesia tuan rumah MotoGP, nilai Jokowi, juga bakal menimbulkan  efek bola salju ke industri pariwisata. “saya harap tadi Pak Tinton, Mas Ananda Mikola, ya segera dimulai ini diperbaiki sehingga 2021 ada Moto GP di Indonesia.”

Ia kemudian menjelaskan bahwa pengelola Sirkuit Sentul hanya meminta persetujuan serta restu terhadap rencana mereka.

“Enggak ada dukungan, minta restu saja, saya restui, saya setujui. Pendanaan perbaikan Sirkuit Sentul diserahkan sepenuhnya kepada pihak swasta," jelasnya.

Ananda Mikola, ketika diwawancarai, menegaskan kembali ambisi Sirkuit Sentul menggelar MotoGP di  2020. Ia mengklaim sirkuit swasta ini hanya butuh sedikit perubahan karena infrastrukturnya sudah siap. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support