Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jangan Takut Kesetrum, Baterai Mobil Listrik Murah Wuling Lulus 16 Pengujian

Berita Otomotif

Jangan Takut Kesetrum, Baterai Mobil Listrik Murah Wuling Lulus 16 Pengujian

JAKARTA – Baterai mobil listrik murah Wuling Air EV diklaim kuat di beragam kondisi, termasuk ketika terendam air. Salah satu alasannya karena material baterai yang berbeda.

Air EV merupakan nama mobil listrik pertama Wuling di pasar Indonesia yang dijadwalkan meluncur dalam waktu dekat.

Estimasi harga on the road (OTR) Jakartanya mulai dari Rp200 juta-an, tepatnya Rp250 juta untuk tipe Standard Range (200 km) serta Rp300 juta bagi tipe Long Range (300 km).

Product Planning PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Danang Wiratmoko mengakui salah satu ketakutan terbesar masyarakat awam terhadap mobil listrik adalah baterai yang akan menyetrum saat hujan atau banjir.

Wuling, menurut dia, tentu amat memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan konsumen dalam riset dan pengembangan mobil listrik. Oleh karena itu, baterai mobil listrik murah Air EV telah lulus dari 16 pengetesan.

“Baterainya itu sudah dites pakai bermacam-macam pengujian. Kalau tidak salah, ada 16 bentuk pengujian untuk memastikan supaya baterainya tetap aman dipakai di berbagai kondisi ekstrem,” ucap Danang menjawab pertanyaan Mobil123.com usai Media Preview Air EV, Kamis (14/7/2022) di Jakarta.

Di antara adalah Drop Test (Uji Jatuh) dari ketinggian satu meter, Flip Test (Uji Rotasi/Dibolak-balik), Submergence Test (Uji Perendaman) berstandar IP 67 di kedalaman satu meter selama 30 menit, Impact Test (Uji Tabrakan) dengan akselerasi maksimum 28G, Burn Test (Uji Pembakaran) selama 130 detik, Vibration Test (Uji Vibrasi) menggunakan getaran berkekuatan 24 Hz.

“Dalam kondisi-kondisi itu, baterainya aman. Tidak bocor, tidak menimbulkan risiko ledakan, saat uji perendaman tidak ada arus pendek karena air masuk sehingga mengganggu fungsinya,” tegas Danang.

Salah satu alasan kuatnya baterai mobil listrik murah Air EV, lanjut dia, adalah materialnya. Wuling menggunakan lithium iron phosphate (LFP), alih-alih lithium-ion.

“LFP ini lebih stabil dan lebih tahan kebakaran dibandingkan lithium-ion,” pungkas Danang.

Air EV dibekali baterai berkapasitas 18 kWh untuk tipe Standard Range serta 26,5 kWh untuk yang Long Range. Daya listrik yang dibutuhkan untuk pengecasannya minimal 2.200 watt.

Adapun fitur-fitur mobil listrik murah Air EV antara lain ialah Wuling Indonesian Command (WIND), Internet of Vehicle (IoV), Electric Parking Brake (EPB), Auto Brake Hold (ABH), Rotary Gear Shift, Drive Mode, Head Unit 10,25 Inci, Meter Cluster 10,25 Inci. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru Wuling <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang