Jaguar Land Rover Siapkan Rp 254 Triliun untuk Pengembangan Mobil Listrik

Berita Otomotif

Jaguar Land Rover Siapkan Rp 254 Triliun untuk Pengembangan Mobil Listrik

LONDON – Jaguar Land Rover menyiapkan 13,5 miliar pound sterling (Rp 254,16 triliun) demi mengembangkan mobil listrik dan memenuhi target yang ditetapkan pada 2025.

Pabrikan asal Inggris tersebut, seperti dikabarkan Bloomberg beberapa waktu lalu, akan menggunakan uang tersebut dalam tiga tahun ini atau hingga 2021. Anggaran yang disiapkan meningkat 26 persen jika dibandingkan dengan tiga tahun sebelumnya yang ‘cuma’ 10,7 miliar pound sterling (Rp 201,31 triliun).

Pengeluaran riset yang meningkat ini terjadi bahkan di saat penjualan serta pendapatan Jaguar Land Rover di kuartal pertama tidak tumbuh seperti perkiraan gara-gara kekhawatiran konsumen di Inggris maupun Eropa membeli model-model diesel mereka. Ini karena negara-negara di area tersebut makin tidak berpihak pada mobil bermesin diesel.

Padahal, pabrikan otomotif terbesar Inggris ini amat menggantungkan penjualan mereka pada model-model diesel di dua area tersebut. Sebagai gambaran, model-model diesel menyumbang 90 persen penjualan Jaguar Land Rover di Inggris dan Eropa selama kuartal keempat 2017.

Kurangi Ketergantungan dan Target 2025
Dana riset Rp 254,16 triliun digelontorkan karena Jaguar Land Rover kelak ingin mengurangi ketergantungan pada mesin diesel, mengingat tren industri otomotif global ke depannya menuju ke mobil hybrid dan mobil listrik. Pabrikan yang bermarkas di Conventry ini pun punya target untuk memiliki versi mesin konvensional, mesin hybrid, dan listrik murni di seluruh model mereka pada 2025.

Pada tahun ini, Jaguar Land Rover sudah mulai menjual mobil listrik murni pertama mereka yaitu sport utility vehicle (SUV) I-Pace. Akhir 2018 nanti mereka juga berencana memamerkan I-Pace di Indonesia, sambil menunggu detail insentif pajak bagi mobil hybrid plus listrik dari pemerintah yang ditargetkan terbit sebelum tahun berganti. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support