Jaguar Land Rover Pamer Mobil yang Bisa Cari Parkir Sendiri

Berita Otomotif

Jaguar Land Rover Pamer Mobil yang Bisa Cari Parkir Sendiri

LONDON – Jaguar Land Rover baru saja memperlihatkan teknologi terobosan terbaru mereka yaitu mobil yang bisa mencari parkir sendiri.

Jaguar Land Rover, seperti dilaporkan oleh Reuters, memeragakan teknologi tersebut di jalan publik di London, Inggris pada Kamis (22/3/2018) waktu setempat. Sport utility vehicle (SUV) Range Rover Sport menjadi ‘wadahnya’.

Aksi pamer Jaguar Land Rover sendiri dilakukan di tengah-tengah sorotan soal keamanan dan kesiapan mobil otonom untuk berada di jalan umum. Ini semua dipicu oleh insiden tabrakan mobil otonom Uber di Arizona, Amerika Serikat, akhir pekan lalu.

Seperti diberitakan Mobil123.com sebelumnya, sebuah Volvo XC90 yang menjadi armada mobil otonom Uber menabrak Elaine Herzberg, 49, hingga tewas pada Minggu (18/3/2018) waktu lokal. SUV mewah ini gagal mendeteksi keberadaan Herzberg yang ketika itu sedang menyeberang jalan.

Volvo XC90, saat insiden terjadi, melaju dengan kecepatan 65 km per jam. Di kursi pengemudi sebenarnya terdapat Rafael Vasquez, 44. Namun, dari kamera CCTV, diketahui bahwa ia tidak memperhatikan jalan sewaktu mode otomatis diaktifkan.

Lebih lanjut, Jaguar Land Rover percaya mobil yang bisa mencari parkir sendiri mampu mengurangi stres pada pengemudi.

“Jika kita mampu mereduksi stres yang timbul dari rutinitas sehari-hari saat mengemudi seperti mencari dan memarkirkan mobil di tempat sempit, maka kita bisa lebih fokus pada aspek-aspek menyenangkan di dalam mobil kita,” kata Chief Engineer Automated Driving Jaguar Land Rover Joerg Schlinkheider.

Jaguar Land Rover pada pekan ini juga berencana kembali mempertunjukkan teknologi-teknologi otonom lain hasil pengembangan mereka. Di antaranya adalah Emergency Braking Warning System yang mereka klaim berpotensi mencegah terjadinya insiden lalu lintas. Peragaannya sendiri bakal dilakukan di wilayah Milton Keynes. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support