Mobil123.com
Aplikasi Mobil123
Download Gratis – iCar Asia Limited
7,592

Ironis, Honda Civic Sedan akan Disuntik Mati di Tanah Kelahirannya

Berita Otomotif

Ironis, Honda Civic Sedan akan Disuntik Mati di Tanah Kelahirannya

TOKYO - Honda Civic generasi 10 yang sedang populer di dunia justru kurang laku di negara asalnya Jepang, model sedan akhirnya terpaksa distop peredarannya.

Semua car enthusiast mungkin tidak meragukan jika Honda Civicmenjadi salah satu mobil terpopuler di dunia. Dan generasi terakhir atau 10th generation yang hadir dengan 3 bentuk, sedan, hatchback 4 pintu dah juga coupe 2 pintu sedang digemari di Eropa, Amerika Serikat, Asia termasuk Indonesia terlebih varian Type-R. 

Namun ironisnya, meski sukses penjualannya di global market, Honda Civic tampak tergopoh-gopoh untuk bisa berjaya di negara asalnya, Jepang. Popularitasnya makin menurun dari waktu ke waktu.

Honda Jepang sendiri pada 2010 untuk sementara menghapus Civic dari penjualan di negerinya. Setelah generasi 8, Civic generasi 9 sama sekali tidak dijual di Jepang. Dan akhirnya kembali dijual di tanah kelahirannya setelah generasi 10 dipasarkan pada 2016-2017.


Namun lagi-lagi, Civic tidak mampu bersaing di Negeri Matahari Terbit. Baru-baru ini, Automotive News melaporkan bahwa Honda Jepang tidak akan menjual Civic versi sedan di negerinya karena tidak laku dijual.

Pada tahun fiskal terakhir, April 2019 - Maret 2020, penjualannya hanya 1.619 unit. Dan memang, popularitas mobil sedan di Jepang sendiri makin hari makin suram saja. Tentu kalah dengan kelas kei-car, mobil berdimensi dan bermesin kecil atau kompak yang menjadi ciri negara tersebut.

Sebagai perbandingan, di Jepang Honda berhasil menjual model kei-car andalan mereka bernama N-Box. Hampir 250 ribu unit terjual tahun lalu, malah menjadi kei-car terlaris di Jepang 2019.

Kembali ke Civic, Honda menegaskan bahwa model sedan saja yang akan distop penjualannya dan kemudian produksinya di Jepang pun akan diakhiri. Sementara model hatchback dan type R masih akan terus dijual, barangnya akan diimpor dari pabrik Honda di Swindon, Inggris hingga pabrik ini tutup pada 2021.

Honda sendiri akan menutup satu-satunya basis produksi Civic Type R di Swindon, Inggris dengan alasannya restrukturisasi manufaktur global demi mengakselerasi proses elektrikasi kendaraan-kendaraan mereka. Hingga kini belum menyebut ke mana perakitannya bakal pindah namun mengabarkan bahwa aktivitas tersebut akan dipusatkan pada region-region dengan volume produksi tinggi. 

Di Indonesia, Honda Civic generasi 10 pertama kali dijual pada 2016. Kemudian pada 2020 tepatnya bulan Februari lalu mendapat penyegaran.

Dijual dalam 3 varian, mulai dari Honda Civic Turbo (sedan), Honda Civic Hatchback RS dan Honda Civic Type R (hatchback). Harga Honda Civic 2020 dimulai dari Rp 499 juta – lebih dari Rp 1 miliar. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar