Tips Merawat Mobil Selama PPKM

Panduan Pembeli

Tips Merawat Mobil Selama PPKM

JAKARTA – Pemerintah akhirnya resmi kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan tersebut diharapkan bisa mengurangi mobilitas masyarakat dan tentunya berdampak pada pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia. Terlebih saat ini jumlah peningkatan kasus positif Covid-19 di Indonesia melonjak drastis.

Namun, kondisi tersebut juga menyebabkan kendaraan khususnya mobil menjadi jarang digunakan dan kurang mendapat perhatian dari pemilik. Padahal, mobil tetap harus mendapatkan perhatian dan perawatan untuk memastikan kondisi tetap maksimal.

Ini Tips Merawat Mobil Selama PPKM

Untuk itu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun memberikan beberapa tips sederhana untuk pemilik kendaraan dalam melakukan perawatan kendaraan yang bisa dilakukan di rumah.

Memanaskan Mesin secara Teratur

Memanaskan mobil bisa dikatakan hal yang terbilang cukup mudah dilakukan namun memiliki peran penting. Hal ini karena banyak komponen yang bagiannya harus selalu terlumasi dengan baik sehingga memanaskan mesin mobil perlu dilakukan secara rutin. Tidak perlu setiap hari, namun harus dilakukan.

Periksa Kebersihan Area Ruang Mesin

Kebersihan area ruang mesin menjadi hal yang harus diperhatikan. Hal ini untuk menghindari adanya kotoran atau benda asing yang masuk ke dalamnya, seperti daun kering, kotoran hewan, maupun sampah lain. Kondisi yang kotor seperti itu lambat laun akan mempengaruhi kinerja dan keamanan ruang mesin.

Rotasikan Ban dalam Jarak Dekat

Memanaskan mobil saja memang tidak cukup karena mobil yang terlalu lama terparkir memiliki beban yang harus ditanggung oleh keempat ban. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah seperti tire flat. Untuk itu disarankan pemilik kendaraan untuk membawa mobil berkeliling sebentar di sekitar rumah.

Tetap Mencuci Mobil

Suzuki Ertiga

Meski tidak digunakan, mobil tetap terpapar debu dan kotoran. Untuk menghindari kotoran terlalu menempel maka sebaiknya tetap mencuci kendaraan dengan teratur, setidaknya satu kali setiap pekan.

Pastikan Bahan Bakar pada Kapasitas yang Cukup

Biasakan untuk meninggalkan mobil dalam kondisi kapasitas bahan bakar yang cukup, seperti setengah dari kapasitas maksimum tangki bahan bakar. Hal tersebut akan bermanfaat jika sewaktu-waktu mobil hendak dipakai, maka tidak perlu menghabiskan waktu perjalanan lebih lama hanya karena harus mengisi ulang bahan bakar terlebih dahulu.

“Perawatan mobil di rumah ini dapat dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan karena cukup mudah. Kondisi mobil yang sehat, bersih, dan terjaga akan membuat kinerja mobil optimal. Suzuki Indonesia sendiri tetap memberikan layanan untuk kebutuhan Aftersales dan Service selama masa pandemi.,” tutup Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT SIS. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar