Memanaskan Saja Tidak Cukup, Lakukan Ini Untuk Jaga Perfoma Mobil

Panduan Pembeli

Memanaskan Saja Tidak Cukup, Lakukan Ini Untuk Jaga Perfoma Mobil

JAKARTA – Selama ini, memanaskan mobil saja dianggap sudah cukup untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima.

Namun ternyata memanaskan mobil saja tidak cukup, terutama untuk kendaraan yang lama tidak digunakan. Padahal, memanaskan mobil adalah yang paling sedehana dan umum dilakukan masyarakat untuk menjaga kondisi kendaraannya. Menurut Hariadi, Asst. to 4W, 2W & Marine Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales ada beberapa hal sederhana yang harus dilakukan agar kendaraan tetap terjaga perfomanya.

Pertama adalah membawa mobil untuk berkendara selama setidaknya 10 menit setiap dua hingga tiga hari sekali. Ini dilakukan untuk agar mobil dapat melakukan pengisian aki dengan lebih maksimal. Aki yang berkualitas dan terawat memiliki daya simpan tenaga listrik lebih baik sehingga dapat menghindari soak. Dengan demikian maka risiko program ECU rusak bisa dihindari serta menjaga bagian kontrol sistem elektronik tidak terkunci yang menyebabkan mobil sulit distarter.

Memenaskan mobil

Selain itu, sesekali membawa mobil berkendara juga dapat menghindari terbentuknya flat spot atau deformasi ban. Kondisi ini disebabkan beban kendaraan terlalu lama bertumpu pada satu titik ban saat parkir.

Ia juga mengingatkan kepada pemilik kendaraan untuk tetap rutin membersihkan mobil. Membersihkan eksterior maupun interior mobil sangat penting untuk menjaga penampilan dan kenyamanan saat berkendara. Rutin mencuci mobil minimal dua minggu sekali dan pastikan untuk  mengeluarkan sampah di dalam mobil

Saat mencuci mobil maka pastikan untuk menggunakan sabun cuci khusus mobil dan gunakan lap halus agar tidak merusak cat. Hindari pula mencuci mobil di bawah terik sinar matahari karena dapat merusak cat mobil.

Saat memanaskan mobil dengan menghidupkan mesin, jangan lupa juga untuk memperhatikan apakah terdapat indikator komponen bermasalah yang menyala di Multi-Information Display (MID). Selain itu, lakukan pemeriksaan komponen lain secara manual seperti air radiator, volume air wiper pada tangki cadangan, volume minyak rem, kondisi ban, lampu kendaraan, dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Meski libur lebaran tahun ini di rumah saja, kami harap pengguna Suzuki tetap dapat melakukan perawatan kendaraan. Melakukan perawatan mobil sendiri tentu menjadi tanggung jawab pemilik kendaraan. Perawatan bertujuan untuk menjaga mobil dalam kondisi prima sehingga saat beraktivitas kembali, kita tidak perlu khawatir ada masalah dalam perjalanan,”  tutup Hariadi. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar