Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hankook Tire Lakukan 4 Kali Pengecekan Ban Demi Jaga Kualitas

Berita Otomotif

Hankook Tire Lakukan 4 Kali Pengecekan Ban Demi Jaga Kualitas

BEKASI – PT Hankook Tire Indonesia melakukan sedikitnya empat tahap pemeriksaan sebelum ban diterima konsumen.

Banyaknya jumlah pemeriksaan tersebut harus dilakukan agar kualitas ban lebih terjaga dan konsumen tidak merasa dirugikan. Keempat tahap pemeriksaan tersebut melibatkan manusia, mesin dan bahkan sinar X.

Pemeriksaan pertama ban dilakukan setelah ban selesai diproduksi. Pemeriksaan dilakukan manual oleh manusia dan diperiksa mulai dari dinding hingga permukaan ban. Dalam proses ini, seluruh ban diperiksa tanpa kecuali.

Pemeriksaan kedua adalah dengan menggunakan mesin. Pemeriksaan dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan pemeriksaan yang dilakukan manusia. Dalam pemeriksaan ini, ban juga diperiksa keseimbangan dan perfomanya. Sama seperti pemeriksaan oleh manusia, seluruh ban diperiksa tanpa kecuali.

Pemeriksaan ketiga adalah dengan melibatkan sinar x. Pemeriksaan ini perlu dilakukan karena dikhawatirkan adanya kerusakaan yang tidak dapat terlihat mata dan tidak terpantau oleh mesin pemeriksaan.

“Pemeriksaan tidak melibatkan seluruh ban. Kami hanya menggunakan 30 persen ban yang diproduski dalam satu shift. Bila terjadi kerusakan seperti ada serangga atau gelembung udara yang terperangkap maka produksi di shift tersebut akan dimusnahkan,” tutur Ade Mahendra, Public Relatin/Plant Management Tean PT Hankook Tire Indonesia.

Periksaan terakhir dilakukan menjelang ban dimasukkan ke dalam kontainer. Ban-ban yang sudah lulus uji semuanya akan diperiksa ulang menjelang shipping oleh manusia. Periksaan umumnya dilakukan oleh dua hingga empat orang sebelum ban dimasukkan ke dalam kontainer.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang