Hasil Uji Tabrak Suzuki Ertiga dari Global NCAP

Berita Otomotif

Hasil Uji Tabrak Suzuki Ertiga dari Global NCAP

NEW DELHI – Maruti Suzuki Ertiga yang dilengkapi dengan dua airbag meraih tiga bintang keselamatan dari Global NCAP.

Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan Maruti Suzuki Ertiga generasi kedua yang diproduksi di India. Raihan tiga bintang tidak lepas dari cukup banyaknya fitur keselamatan seperti dual airbag, ABS, pengingat sabuk pengaman untuk penumpang depan dan jangkar Isofix sebagai standard. Dengan semua fitur tersebut, Suzuki meraih tidak bintang keselamatan untuk perlindungan penumpang dewasa dan anak-anak

Global NCAP melihat bahwa mobil ini cukup memberikan perlindungan untuk kepala pengemudi dan penumpang. Namun, perlindungan dada pengemudi hanya meraih angka marginal. Sebaliknya, perlindungan dada penumpang depan meraih hasil yang baik meski fitur pre-tensioner pada sabuk pengaman gagal berfungsi dengan baik.

Selain itu, Global NCAP juga mengamati bahwa lantai kurang stabil dan gerakan pedal menimbulkan risiko pada kaki pengemudi. Struktur body Ertiga dinilai berada di garis batas yang tidak stabil dan tidak mampu menahan kondisi lebih ekstrim.

Sementara itu, untuk perlindungan anak-anak, Maruti Suzuki Ertiga dinilai memiliki perlindungan yang cukup baik. Namun, untuk anak berusia 18 bulan, perlindungan kepada dan dada dinilai masih kurang baik. Global NCAP juga menyampaikan kekecewaan karena tidak ada sabuk pengaman tiga poin untuk kursi tengah di baris kedua.

Secara umum, hasil ini memang terbilang masih cukup baik khususnya pada keselamatan anak. Generasi pertama Suzuki Ertiga, ASEAN NCAP hanya memberikan dua bintang untuk perlindungan anak. Di generasi kedua, hasil pengujian di Global NCAP telah membaik menjadi bintang tiga.

Namun, untuk peringkat keselamatan pengemudi dan penumpang depan terbilang kurang memuaskan. Jika dibandingkan dengan generasi kedua pada pengujian ASEAN NCAP, perlindungan pengemudi dan penumpang depan berhasil mendapat bintang empat, lebih baik ketimbang pengujian generasi kedua di Global NCAP dengan tiga bintang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support