Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ini Cara Sederhana Menghindari Microsleep

Panduan Pembeli

Ini Cara Sederhana Menghindari Microsleep

JAKARTA – Bila saat mengemudi terasa mengantuk, maka tidak ada alasan untuk tidak berhenti dan tidur.

Hal tersebut disampaikan oleh Eko Reksodipuro, Managing Director DSD Defensive Driving Training di sela-sela kick off Eco Driving Jasa Marga. Menurutnya, bila rasa kantuk dilawan dengan beragam minuman justru dapat berbahaya.

“Cara mengatasi microsleep ya istirahat. Standard internasional untuk istirahat adalah 3-4 jam sekali. Tidak bisa diakalin. Kalau capek ya istirahat, kalau mengantuk ya tidur,” tegasnya..

Ia pun mengingatkan potensi bahaya dari minuman-minuman penambah tenaga termasuk kopi. Menurutnya, dengan mengkonsumsi minuman tersebut justru bisa lebih berbahaya bila efeknya menghilang.

“Tidak bisa (mengakali dengan kopi). Nanti kalau efek kafeinnya hilang, rasa kantuknya akan dua kali lipat lebih berat. Jadi yang paling benar adalah tidur, tidak ada cara lain lagi,” tegasnya kemudian.

Belakangan ini banyak beredar video yang menampilkan seseorang mengalami microsleep saat berkendara. Umumnya dalam video tersebut, microsleep berakhir dengan sebuah kecelakaan lalu lintas.

Microsleep adalah ketika otak tidur tapi tubuh tidak tidur. Microsleep umumnya dialami oleh para pengemudi bus malam dan travel. Hal ini karena pengemudi umumnya menolak untuk beristirahat agar dapat mencapai tujuan lebih cepat. Untuk itu, mereka mengakalinya dengan meminum multivitamin dan sebagainya.

Kondisi tersebut dinilai sangat berbahaya sehingga diharapkan para pengemudi yang merasa letih lebih baik langsung beristirahat. Untuk mengatasi hal ini, PT Jasa Marga pun telah menyediakan sejumlah rest area di jalan tol yang bisa dimanfaatkan. Selain itu, sejumlah rambu peringatan juga diperbanyak guna membuat pengemudi lebih waspada.  [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang