Ini Beda Antara Fatigue dan Microsleep

Panduan Pembeli

Ini Beda Antara Fatigue dan Microsleep

JAKARTA – Mengemudi saat mudik atau perjalanan jauh bukanlah perkara gampang. Kelelahan (fatigue) serta tidur sesaat (microsleep) menjadi salah satu penyebab kecelakaan terbesar.

Meski kedua hal tersebut sekilas sama, namun ternyata keduanya adalah hal yang berbeda dan memiliki risiko berbeda pula.

Kami pun mencari tahu dengan menghubungi Sony Susmana Prasetyo, Chief Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI)

Artikel bersambung dibawah

“Banyak orang menerjemahkan microsleep itu letih lalu mengantuk, padahal bukan. Microsleep adalah ketika otak tidur tapi tubuh tidak tidur. Sementara fatigue adalah ketika otak tidur, tubuh juga ikut tidur,” ungkapnya.

Perbedaan tersebut pun memberikan efek yang berbeda pada setiap pengemudi dan risiko kecelakaan. Microsleep pun dianggap memiliki efek lebih berbahaya dibanding fatigue.

“Saat seseorang mengemudi dengan kecepatan 100 km/jam lalu mengalami  microsleep dan mengalami kecelakaan, maka benturan tetap akan terjadi pada 100 km/jam. Ini karena tubuhnya tidak mengalami pelemahan. Sementara untuk fatigue, saat melaju 100 km/jam lalu tertidur, tubuhnya akan melemah sehingga kecepatan akan menurun. Akibatnya, benturan akan terjadi di bawah 100 km/jam,” ungkapnya.

Microsleep umumnya dialami oleh para pengemudi bus malam dan travel. Hal ini karena pengemudi umumnya menolak untuk beristirahat agar dapat mencapai tujuan lebih cepat. Untuk itu, mereka mengakalinya dengan meminum multivitamin dan sebagainya.

“Namun saat musim mudik khususnya arus balik, yang umumnya terjadi adalah fatigue karena memang orang sudah terlalu lelah. Meski sudah banyak orang sadar pentingnya beristirahat, pengemudi tetap harus mewaspadai mereka yang tidak beristirahat karena resiko kecelakaan tetap besar,” pungkasnya. [Adi/Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual